Kasus Kriminal di Kota Tegal Sepanjang 2023 Turun, Ini Kasus yang Mendominasi

Kasus Kriminal di Kota Tegal Sepanjang 2023 Turun, Ini Kasus yang Mendominasi

Pers conference ungkap kasus kriminal di Kota Tegal sepanjang 2023--

RADAR TEGAL - Sepanjang 2023, kasus kriminal di wilayah hukum Polres Tegal Kota mengalami penurunan. Ada beberapa kasus yang mendominasi selama tahun lalu itu.

Jumlah ungkap kasus kriminal itu di Kota Tegal tersebut terungkap saat Polres menggelar pers conference ungkap kasus 2023 di ruang Devia Cita, Senin 1 Januari 2023. Kegiatan dipimpin langsung Kapolres AKBP Rully Thomas didampingi Wakapolres Kompol Wibowo Saputra, para Kasat dan PJU.

Dalam penyampaiannya, Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas mengatakan secara umum kasus kriminal yang terjadi di 2023 di Kota Tegal sebanyak 182 kasus. Terdiri dari, curat, curanmor, narkoba dan kejahatan lainnya.

"Untuk jumlah kasus kriminal di Kota Tegal mengalami penurunan sebesar 4 persen dari tahun sebelumnya atau 2022 yang mencapai 189 kasus. Antara lain curat, curanmor, narkoba dan lainnya,"katanya.

BACA JUGA:Ayah Cabuli Anak Tirinya Masuk Lima Kasus Kriminal yang Menyita Perhatian Publik

Kasus-kasus itu, kata Kapolres, didominasi tindak pencurian dengan pemberatan (curat) 13 kasus, pencurian sepeda motor (curanmor) 9 kasus dan pencurian dengan kekerasan (curas) 9 kasus. 

Kemudian, kata Kapolres, untuk penanganan kasus narkoba, pihaknya telah mengungkap 47 kasus sepanjang tahun 2023. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 4 kasus dibanding 2022 yang hanya43 kasus.

"Dengan rincian 45 kasus sudah P21 dan 2 kasus masih dalam proses penyidikan. Dengan jumlah tersangkanya sebanyak 55 orang,"terang Kapolres.

Selanjutnya, ujar Kapolres, kecelakaan lalu lintas yang terjadi sebanyak 353 kasus. Jumlahnya mengalami penurunan 26 kasus dibanding 2022 yang mencapai 379 kasus.

BACA JUGA:Cegah Aksi Kriminalitas saat Salat Jumat, Polwan Kota Tegal Terjun ke Lapangan

"Dampak dari kecelakaan itu, jumlah korban meninggal dunia 27 orang dan luka ringan 410 orang. Sedangkan jumlah kerugian material sebesar Rp162 juta,” tuturnya.

Selain kasus kriminal di Kota Tegal, imbuh Kapolres, ada kejadian yang cukup menonjol di 2023. Yakni, adanya kebakaran kapal di pelabuhan Jongor Tegalsari yang terjadi pada 12 Agustus 2023.

Kebakaran tersebut, terang Kapolres, menghanguskan 63 Kapal ludes terbakar dari 51 orang pemilik kapal. Bahkan, menjadi atensi nasional saat itu.

Kapolres menambahkan, pihaknya menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat, jajaran TNI, instansi terkait dan Pemerintah Kota Tegal. Karena telah bersinergi membantu tugas-tugas kepolisian sehingga sampai saat ini kondusifitas tetap terjaga.

Sumber: