6 Penyebab Skor Kredit Buruk Meskipun Utang Pinjol Sudah Lunas, Cek Kontinyu Agar Tak Merugikan Anda

6 Penyebab Skor Kredit Buruk Meskipun Utang Pinjol Sudah Lunas, Cek Kontinyu Agar Tak Merugikan Anda

PENTING - Nasabah harus mewaspadai sejumlah penyebab skor kredit buruk, meskipun utang di lembaga keuangan sudah dilunasi.--

Pastikan kamu mengecek riwayat pembayaran utang pada platfrom yang sebelumnya kamu gunakan. Dengan ini, kamu dapat mengetahui status skor kredit yang masih buruk.

3. Masih Mempunyai Sisa Utang

Penyebab skor kredit buruk meski hutang pinjol sudah lunas, yaitu karena masih memiliki hutang yang tersisa. Apabila kamu memiliki hutang di tempat lain bisa saja skor kredit ini tetap tidak berubah.

4. Waktu Pelunasan

Walaupun kmau sudah melunasi hutang pinjaman online, catatan kredit mungkin masih terdata dalam laporan pinjaman untuk beberapa waktu. Akibat kamu melunasi pembayaran pinjaman dalam waktu yang lama, jadi dapat mengaruhi skor kredit.

5. Penggunaan Pinjaman dengan Nominal Tinggi

Pinjaman dengan nominal yang tinggi dapat menyebabkan skor kredit kamu buruk. Walaupun pinjaman yang digunakan bukan dari pinjol dan berasal dari lembaha keuangan lainnya.

Perlu kamu ketahui, layanan pinjaman uang pinjol yang resmi terdaftar OJK dan melewati proses BI checking pelaporan, kreditnya akan dilaporkan kepada lembaga terkait.

BACA JUGA: 6 Penyebab Skor Kredit Tetap Buruk Meski Hutang Pinjol Sudah Lunas, Jarang Banget Disadari

6. Perubahan Kondisi Keuangan Nasabah

Perubahan yang berdampak keuangan pasti dialami oleh setiap orang. Seperti perubahan penghasilan, perubahan status pekerjaan, pengajuan kredit baru, dan sejenisnya ternyata bisa menjadi hal yang menyebabkan perubahan skor kredit.

Itulah informasi tentang enam penyebab skor kredit buruk, walaupun sudah melunasi hutang di pinjol atau lembaga keuangan. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: