6 Penyebab Skor Kredit Tetap Buruk Meski Hutang Pinjol Sudah Lunas, Jarang Banget Disadari

6 Penyebab Skor Kredit Tetap Buruk Meski Hutang Pinjol Sudah Lunas, Jarang Banget Disadari

Ilustrasi. 6 penyebab skor kredit tetap buruk meski hutang pinjol sudah lunas-freepik-

RADAR TEGAL – Ada beberapa penyebab yang membuat skor kredit tetap buruk meski hutang pinjol sudah lunas. Hal-hal ini bahkan jarang disadari oleh sebagian peminjam pinjaman online.

Penyebab skor kredit tetap buruk meski hutang pinjol sudah lunas tidak melulu karena keterlambatan bayarnya. Masih ada beberapa hal yang membuat skor kredit tidak berubah meski baru saja membayar hutang.

Selengkapnya berikut 6 penyebab skor kredit tetap buruk meski hutang pinjol sudah lunas. Kemungkinan beberapa diantaranya Anda alami.

6 penyebab skor kredit tetap buruk meski hutang pinjol sudah lunas

Skor kredit memang bisa dipulihkan dengan melunasi hutang-hutang pinjol. Namun, ada beberapa kondisi atau hal yang membuat skor kredit tidak bisa kembali sepenuhnya walau sudah melunasi hutang pinjol.

BACA JUGA : Begini Modus Penipuan 17 Pinjol yang Diblokir Google, Bisa Curi Semua Data Sensitif

1. Waktu membayar lunas

Penyebab pertama yaitu bisa akibat seberapa lama waktu penyelesaian pembayaran hutang yang dilakukan. Jadi, meskipun hutang pinjaman online sudah dilunasi, catatan kredit mungkin tetap tercatat seperti itu dalam laporan kredit untuk beberapa waktu.

2. Riwayat pembayaran yang dilakukan sebelumnya

Faktor yang membuat skor kredit tetap buruk setelah pinjol sudah lunas yaitu riwayat pembayaran sebelumnya yang dilakukan. 

Jika sebelumnya skor kredit buruk karena melewatkan banyak pembayaran hutang, maka bisa berdampak dalam jangka panjang juga di masa mendatang.

3. Jumlah hutang yang tersisa

Penyebab skor kredit tetap buruk meski hutang pinjol sudah lunas yaitu karena jumlah hutang yang masih tersisa. Jadi, jika Anda memiliki hutang di tempat lain bisa saja skor kredit ini tetap tidak berubah dan masih buruk.

BACA JUGA : Data Masih Baru dan Tidak Pernah Galbay tapi Ditolak Pinjol, Kemungkinan 2 Hal Ini Penyebabnya

Sumber: