7 Tips Menghindari Hutang Pinjol, Jangan sampai Terjerat Pola Gali Lubang Tutup Lubang

7 Tips Menghindari Hutang Pinjol, Jangan sampai Terjerat Pola Gali Lubang Tutup Lubang

Tips Menghindari Hutang Pinjol--

RADAR TEGAL - Maraknya penipuan dalam pinjaman online membuat para nasabah terperangkap hutang. Oleh karena itu ada tips menghindari hutang pinjol yang dapat nasabah lakukan.

Tips menghindari hutang pinjol tersebut suudah digunakan oleh banyak nasabah dan itu berhasil. Apalagi pinjaman online sekarang menjadi salah satu alternatif jika ada masyarakat yang butuh dan mendesak.

Namun tidak sedikit nasabah yang terlilit kedalam hutang pinjol dan mencoba menggunakan tips menghindari tersebut. Bahkan menurut OJK ada beberapa nasabah yang bermasalah dengan pinjolnya. 

Berikut tips menghindari hutang pinjol yang dapat Anda pilih untuk mencoba salah satunya. Simak selengkapnya pada artikel radartegal.disway.id dibawah ini.

BACA JUGA: 8 Cara Melunasi Hutang Pinjol Paling Aman yang Tidak Bikin Nasabah Stres dan Kena Mental

Tips menghindari hutang pinjol

1. Evaluasi Total Utang

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengevaluasi total utang yang Anda miliki. Catat semua pinjaman yang Anda miliki, termasuk jumlah utang, bunga yang harus dibayar, dan jatuh tempo pembayaran.

Dengan begitu, Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang seberapa besar masalahnya.

2. Buat Anggaran Keuangan

Setelah mengetahui total utang Anda, buatlah anggaran keuangan untuk mengelola pengeluaran Anda. Sisihkan sebagian besar pendapatan Anda untuk melunasi utang.

Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan saat ini fokuslah pada pembayaran utang.

3. Hubungi Pemberi Pinjaman

Jika Anda merasa tidak mampu membayar utang tepat waktu, hubungi pemberi pinjaman untuk mendiskusikan kemungkinan keringanan pembayaran. Beberapa pemberi pinjaman mungkin bersedia memberikan keringanan, seperti menunda pembayaran atau mengurangi jumlah cicilan.

Sumber: