Prodi Pendidikan IPA FKIP UPS Tegal Terakreditasi Unggul, Dekan: Siap Menuju World Class Faculty

Prodi Pendidikan IPA FKIP UPS Tegal Terakreditasi Unggul, Dekan: Siap Menuju World Class Faculty

TASYAKURAN – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan tasyakuran atas diraihnya Akreditasi Unggul Program Studi Pendidikan IPA.-foto: k. anam syahmadani/radar tegal group-

RADAR TEGAL – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti Tegal (UPS) mengadakan tasyakuran Akreditasi Unggul Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Syukuran digelar di Lantai 2 Gedung Rektorat Kampus I UPS, Jalan Halmahera, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Kamis 21 Desember 2023 lalu.

Akreditasi yang menjadi kewajiban bagi universitas menjadi pekerjaan yang membutuhkan fokus pengelola setiap pendidikan tinggi. UPS adalah universitas yang tidak terlepas dari kewajiban tersebut.

Di akhir 2023, Prodi Pendidikan IPA meraih pencapaian luar biasa dengan hasil Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik). Dekan FKIP UPS Dr Yoga Prihatin MPd mengatakan, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari mengingat Akreditasi Lamdik agak berbeda dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Untuk itu, di 2023, FKIP UPS mengajukan Akreditasi Prodi Pendidikan IPA.

“Dengan raihan Akreditasi Unggul ini, FKIP UPS siap menuju World Calss Faculty,” kata Yoga.

BACA JUGA: Pascasarjana UPS Tegal Buka Program RPL, Prof Hartinah: Kuliah Bisa Lebih Cepat

Dikatakan Yoga, dalam beberapa tahun ini, FKIP UPS berbenah dengan mengusung internasionalisasi yang dilakukan dalam setiap kegiatan Tri Dharma dan kemahasiswaan. FKIP UPS mempunyai mahasiswa asing yang memperkuat atmosfer akademik mahasiswa, serta sertifikasi internasional yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. 

“Keluaran penelitian dan pengabdian dosen mahasiswa menjadi salah satu tolak ukur yang dipersiapkan,” imbuh Yoga.

Lebih lanjut dikemukakan, pencapaian Akreditasi Unggul yang diperoleh Prodi Pendidikan IPA adalah satu pencapain dari FKIP UPS. Pencapaian ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi prodi-prodi yang lain untuk bekerja lebih keras, sehingga dapat mencapai target Akreditasi Unggul yang menjadi salah satu penunjang untuk meningkatkan reakreditasi universitas. 

“Fakultas akan selalu membuka tangan dan akan memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk setiap prodi yang ingin mengikuti pencapaian Akreditasi Unggul Prodi Pendidikan IPA,” tambah Yoga.

BACA JUGA: Jelang Pemilu, Program Pasca Sarjana UPS Tegal Undang Pakar Hukum Prof Suteki dari Semarang

Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum menyampaikan, Akreditasi Unggul yang diperoleh Prodi Pendidikan IPA merupakan capaian yang luar biasa. Hal ini merupakan bentuk pengakuan terhadap kualitas penyelenggaraan dan tata kelola Prodi Pendidikan IPA. Akreditasi Unggul merupakan peringkat teratas dalam tingkatan Akreditasi yang ditetapkan Lamdik. 

“Unggul mengisyaratkan bahwa mutu dan kualitas pendidikan Prodi Pendidikan IPA sudah diakui,” ungkap Taufiq.

Dengan pencapaian Akreditasi Unggul oleh Prodi Pendidikan IPA, Taufiq mengharapkan dapat menjadi pemicu bagi prodi-prodi yang lain untuk segera mendapatkan Akreditasi Unggul yang akan mempengaruhi Akreditasi Universitas. Syarat utama sebuah universitas memperoleh Akreditasi Unggul adalah minimal 30 persen prodinya terakreditasi Unggul.

“Setelah itu, baru bisa mengusulkan Akreditasi Institusi untuk memperoleh Akreditasi Unggul,” terang Taufiq.

Sumber: