Stok Beras untuk 7 Kabupaten dan Kota Capai 25 Ribu Ton, Aman Hingga Triwulan Pertama 2024

Stok Beras untuk 7 Kabupaten dan Kota Capai 25 Ribu Ton, Aman Hingga Triwulan Pertama 2024

WAWANCARA- Kepala Perum Bulog Cabang Pekalongan Ramadin Ruding saat diwawancarai terkait ketersediaan stok beras untuk 7 kabupaten dan kota di wilayah kerjanya.-Dedi Sulastro-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Perum Bulog Kantor Cabang Pekalongan memastikan stok beras untuk 7 kabupaten dan kota di wilayah kerjanya hingga triwulan pertama di 2024 mendatang aman. Total, di gudang Bulog mulai dari Kabupaten Batang hingga Brebes tersedia hingga 25 ribu ton. 

Kepala Perum Bulog Cabang Pekalongan Ramadin Ruding mengatakan, stok beras untuk 7 kabupaten dan kota hingga triwulan pertama di 2024 itu di antaranya stok cadangan beras pemerintah (CBP) 16.000 ton di gudang. Serta saat ini masih proses perjalanan beras impor menuju gudang-gudang sekitar 9.000 ton. 

Ramadin mengakui jika stok beras untuk 7 kabupaten dan kota yang berada di area kerja Bulog Pekalongan cukup banyak. Penerimaan impor juga masih masuk gudang sampai hari ini. 

"Jadi estimasi di akhir tahun stok di angka 25.000 ton," kata Ramadin mengungkap stok beras untuk 7 kabupaten dan kota saat menghadiri Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Brebes, Rabu 27 Desember 2023.

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah Digelar di Temanggung, Beras Dijual Rp10 Ribu per Kilogram

Stok beras untuk 7 kabupaten dan kota tersebut nantinya disalurkan sebagai beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Gerakan Pangan Murah (GPM). Hingga Bantuan Pangan (Bapang) yang masih berlangsung hingga 2024. 

"Kami sangat sibuk menjalankan berbagai program dan penugasan pemerintah. Seperti masih melaksanakan GPM. Bahkan kami bekerjasama dengam camat dan BUMdes untuk program GPM," kata Ramadin. 

Dia menambahkan, dengan ketersediaan stok beras untuk 7 kabupaten dan kota tersebut diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir. Dia berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah dalam menjalankan berbagai program.

"Jadi warga tak perlu risau. Stok masih melimpah. Yang kami harapkan dukungan pemerintah daerah sehingga program bisa berjalan lancar. Termasuk program bantuan pangan yang hingga 2024 masih berjalan," ucapnya.

BACA JUGA:Harga Beras Masih Tinggi di Brebes, Ayam Potong dan Telur Mengalami Penurunan

Diakuinya, harga beras di pasaran masih cukup tinggi dan cenderung stagnan. Melalui program SPHP dan GPM diharapkan bisa menekan harga beras agar kembali stabil.

Demikian informasi terkait stok beras untuk 7 kabupaten dan kota di area kerja Bulog Pekalongan. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: