5 Tips Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Tepat untuk Hidup Lebih Nyaman Tanpa Tagihan

5 Tips Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Tepat untuk Hidup Lebih Nyaman Tanpa Tagihan

Tips Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk--

3. Mengutamakan Utang dengan Bunga yang Besar

Tips melunasi utang pinjol yang selanjutnya yaitu dengan mengutamakan utang yang memiliki bunga besar. Jika membayar utang dengan bunga yang besar lebih dulu, maka kamu bisa menghemat biaya di kemudian hari.

Setelah mengurusi utang dengan bunga yang besar, baru kamu bisa membayar yang memiliki bunga kecil. Utang dengan bunga yang lebih rendah pastinya akan terasa lebih ringan untuk dibayar.

4. Meningkatkan Pemasukkan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan meningkatkan pemasukkan. Kamu bisa mencari pekerjaan tambahan, menjual barang yang sudah tidak terpakai tapi masih layak, atau membuat usaha.

BACA JUGA:Rekomendasi Pinjol Legal Bunga Rendah untuk Liburan Akhir Tahun, Bunganya Hanya 1 Persen dan Tenor Panjang

Hal ini dilakukan agar kamu memiliki pendapatan yang lebih banyak. Sehingga bisa untuk melunasi utang pinjol dengan tepat waktu.

5. Meminta Perpanjangan Waktu Pembayaran

Cara terakhir yaitu dengan meminta perpanjangan waktu pembayaran kepada pihak pemberi pinjaman. Kamu bisa membicarakannya terlebih dahulu dengan penyedia layanan.

Biasanya, beberapa pinjol akan memberi perpanjangan waktu kepada nasbah. Cara ini bisa meringankan kamu dalam membayar tagihan karena bisa mencari dana terlebih dahulu.

Cara paling aman agar tidak mengalami galbay dan masuk dalam daftar hitam pinjol adalah dengan membayar tagihan tepat waktu. Tapi jika kamu mengalami kesulitan dalam membayar, jangan pernah menggunakan pinjaman lain untuk membayar tagihan.

BACA JUGA:Anti Ribet, Ini Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah dan Foto Selfie KTP dengan Bunga Rendah

Istilahnya adalah gali lubang tutup lubang, karena hal ini malahan akan berdampak buruk. Dengan melakukan cara tersebut, kamu bisa mempunyai pinjaman lebih banyak dan menambah beban.

Jadi, dengan beberapa tips melunasi utang pinjol yang menumpuk diatas, kamu bisa melunasi pinjaman yang ada. Untuk melakukan cara tersebut, kamu membutuhkan tekad yang kuat.

Demikianlah informasi mengenai tips melunasi utang pinjol yang menumpuk. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: