6 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Gampang, Nomer 5 Paling Sering Dilakukan

6 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Gampang, Nomer 5 Paling Sering Dilakukan

6 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Gampang dan Tanpa Keluar Biaya --Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Anda juga bisa mengajukan restrukturisasi hutang kepada pihak atau perusahaan penyedia pinjol untuk mendapatkan keringanan melunasi hutang pinjol. Restrukturisasi utang sendiri merupakan cara yang tepat untuk solusi utang pinjaman online yang Anda miliki.

Secara umum restrukturisasi utang merupakan proses penyesuaian kembali syarat-syarat utang, seperti suku bunga, jangka waktu, atau jumlah cicilan. Jika perusahaan pinjol menyetujui permohonan Anda, Anda akan mendapatkan keringanan dalam membayar utang Anda.

3. Melakukan Kesepakatan

Jika solusi mengajukan restrukturisasi ditolak oleh perusahaan atau pihak penyedia pinjaman online, maka Anda tidak perlu merasa putus asa. Ada cara lain yang bisa Anda coba yakni dengan melakukan kesepakatan.

Kesepakatan yang dimaksud adalah dengan bernegosiasi kepaada pihak atau perusahaan penyedia pinjol untuk mencapai keuntugan kedua belah pihak. Anda bisa meminta keringanan tenor yang lebih panjang dengan bunga yang lebih tinggi atau sebaliknya.

BACA JUGA:5 Alasan Debt Collector Pinjol Tidak Datang ke Rumah, Nasabah Galbay Jangan Kelewat Santai

4. Memanfaatkan Program Keringanan Utang

Selain 3 solusi untuk melunasi hutang pinjol dengan gampan tanpa harus membayar, adapula program keringanan utang yang diselenggarakan oleh OJK untuk membantu nasabah yang kesulitan membayar utang pinjaman online.

Didalam program ini, OJK memberikan keringanan berupa penurunan suku bunga, memperpanjang jangka waktu (tenor), hingga penghapusan sebagian utang yang dibebankan kepada nasabah.

5. Menjual Aset Berharga

Jika Anda memiliki aset yang berharga dan dirasa sudah tida Anda perlukan, Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan uang tunai untuk melunasi utang pinjaman online.

Adapun contoh aset berharga yang bisa Anda jual antara lain seperti mobil, motor, rumah, perhiasan, barang elektronik, gadget dan lain-lain.

BACA JUGA:Cara agar Hutang Pinjol Bisa Lunas dengan Sendirinya tanpa Membayar, Emang Bisa ya?

6. Mencari Pekerjaan Sampingan

Solusi terakhir yang bisa Anda terapkan adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Dengan bekerja sampingan tentu Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa Anda pakai untuk menambah uang untuk melunasi utang pinjaman online yang Anda miliki.

Sumber: