Tips Sederhana Merawat TV LED, Lebih Mudah dan Anti Ribet Bikin Awet

Tips Sederhana Merawat TV LED, Lebih Mudah dan Anti Ribet Bikin Awet

Tips Sederhana Merawat TV LED, Lebih Mudah Anti Ribet TV Awet-unplash.com-unplash.com

RADAR TEGAL – Tips sederhana merawat TV LED berikut ini berisi bagaimana langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan agar TV LED kamu terhindar dari kerusakan. Apalagi saat ini memiliki TV LED memang sudah menjadi hal biasa bagi kebanyakan orang.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja tips sederhana merawat TV LED yang bisa kamu lakukan agar TV tetap awet. TV LED sendiri banyak digunakan karena mampu memberikan gambar yang lebih jernih dan mempunyai banyak fitur yang canggih.

Dengan mengetahui tips sederhana merawat TV LED berikut ini, kamu tidak perlu khawatir akan kerusakan TV LED yang biasanya sering terjadi karena TV yang kotor. Selain itu TV juga rentan mengalami kerusakan dan mengalami maintenance karena penggunaan yang tidak tepat.

Tips sederhana merawat TV LED

TV LED mempunyai harga yang cukup mahal dibanding TV konvensional atau TV tabung, perawatannya juga harus dilakukan dengan tepat. Berbeda dengan TV tabung, perawatan TV LED tidak cukup hanya dengan membersihkannnya secara rutin saja.

BACA JUGA:5 Cara Membersihkan TV LED yang Tepat Tanpa Perlu Peralatan Khusus, Bisa Lakukan di Rumah

Simak berikut ini tips sederhana yang bisa kamu lakukan agar TV LED tetap awet dan terhindar dari kerusakan :

1. Letakkan TV LED Pada Bidang yang Datar

Langkah pertama yang penting adalah menempatkan TV LED yang kamu miliki pada bidang datar, seperti rak TV, meja, atau permukaan datar lainnya. Hal ini tidak hanya menjaga kestabilan TV tetapi juga mengurangi risiko TV terjatuh ketika terkena sentuhan tanpa sengaja.

Jika kamu ingin memasang TV pada dinding, pastikan untuk memilih bracket yang sesuai dengan tipe TV kamu. Ada berbagai jenis dan ukuran bracket dinding yang tersedia di pasaran, dan setiap tipe TV mungkin memerlukan bracket khusus.

Biasanya, kamu dapat menemukan informasi mengenai jenis bracket yang cocok untuk pemasangan di dinding pada kemasan TV yang kamu beli. Memahami tipe dan ukuran bracket yang sesuai akan membantu memastikan pemasangan TV pada dinding dilakukan dengan aman.

BACA JUGA:4 Cara Perawatan TV LED Aman dan Mudah, Merawat Secara Rutin Elektronik Kesayangan

2. Jauhkan TV dari Benda Bermagnet

Langkah kedua yang perlu diperhatikan adalah menjauhkan TV LED dari perangkat yang memiliki magnet atau memancarkan gelombang elektromagnetik. Contohnya seperti kulkas atau perangkat sejenis yang mengandung magnet.

Hal ini penting karena magnet pada lemari pendingin dapat berpotensi mengganggu kinerja TV LED kamu. Selain itu, hindari juga meletakkan smartphone di dekat TV, karena smartphone dapat memancarkan gelombang elektromagnetik yang mengganggu kualitas gambar.

3. Hindarkan TV dari Paparan Sinar Matahari

Pada umumnya TV LED memang bermusuhan dengan sinar matahari dan jika terkena sinar matahari akan mengurangi kualitas gambarnya. Untuk menghindari hal tersebut kamu harus meletakkan TV LED pada posisi yang berlawanan dengan sinar matahari atau bahkan menyembunyikannya.

Sudah banyak kasus TV LED mengalami penurunan kualitas saat digunakan pada area yang terpapar sinar matahari langsung. Biasanya layar akan menjadi kusam karena terpengaruh oleh radiasi sinar matahari.

BACA JUGA:5 Cara Membersihkan TV LED yang Tepat Tanpa Perlu Peralatan Khusus, Bisa Lakukan di Rumah

4. Kontrol Daya Listrik

Salah satu hal yang sering diabaikan pada perangkat elektronik modern adalah stabilitas listrik yang diterima oleh perangkat tersebut. Beberapa perangkat elektronik, terutama yang lebih canggih sebenarnya memerlukan perangkat tambahan seperti stabilizer atau UPS.

Bahkan pada beberapa perangkat yang sensitif pemadaman listrik mendadak dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk kamu menggunakan stabilizer atau UPS untuk mengelola daya yang masuk ke TV LED.

Ketika terjadi pemadaman listrik tiba-tiba, perangkat ini dapat menjaga stabilitas daya, dan bisa juga untuk mematikan perangkat dengan aman. Hal tersebut juga dapat membantu melindungi TV LED dari potensi kerusakan yang dapat terjadi akibat fluktuasi atau pemadaman listrik yang tidak terduga.

5. Menjaga Kebersihan TV LED

Langkah terakhir dan tak kalah penting adalah menjaga kebersihan TV LED kamu dengan membersihkannya secara rutin. Gunakan kemoceng atau kain lembut untuk mengusap permukaan TV.

BACA JUGA:Tips Menjaga TV LED dengan Benar agar Awet dan Tahan Lama, Nomor Dua Sering Dilakukan

Hal ini tidak hanya meningkatkan tampilan TV kamu tetapi juga dapat memperpanjang umur perangkat. Selain itu, jika memungkinkan kamu juga bisa melakukan servis rutin atau setidaknya kontrol kesehatan perangkat kepada teknisi yang terpercaya.

Nah, itulah beberapa hal atau tips sederhana merawat TV LED yang bisa kamu lakukan agar bisa merawat televisi lebih awet. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: