Bunga KUR Mandiri 2024 Lebih Paling Murah, Plafon Pinjaman Bisa sampai Rp500 Juta

Bunga KUR Mandiri 2024 Lebih Paling Murah, Plafon Pinjaman Bisa sampai Rp500 Juta

Bunga KUR Mandiri 2024 -Mandiri-Mandiri

RADAR TEGAL – Bunga KUR Mandiri 2024 dikabarkan mengalami penurunan dibanding bunga KUR Mandiri pada tahun 2023. Dalam artikel ini akan dibahas apakah bunga KUR Mandiri memang mengalami penurunan atau sama dengan tahun 2023.

Seperti diketahui Bunga KUR Mandiri 2024 yaitu 6  persen per tahun, dan ini merupakan salah satu kelebihan dari program Kredit Usaha Rakyat yang ditawarkan oleh Bank Mandiri.

Bunga KUR Mandiri 2024 yang murah menjadi daya tarik khusus bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan dana segar untuk kebutuhan modal usaha mereka. Tentunya syarat untuk pengajuan program KUR Mandiri juga sama sekali tidak memberatkan.

Berapa Bunga KUR Mandiri 2024?

Prediksi untuk tahun 2024 menunjukkan bahwa Bank Mandiri berencana memberikan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan ketentuan tertentu. Berikut adalah prediksi suku bunga KUR dari Bank Mandiri untuk tahun 2024 :

BACA JUGA: Tidak Punya Usaha Ingin Mengajukan KUR Mandiri? Bisa tapi Ada Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Diprediksi Bank Mandiri akan menetapkan suku bunga sekitar 6% per tahun untuk pinjaman KUR yang kurang dari Rp100.000.000. Sementara untuk pinjaman KUR yang melebihi Rp100.000.000 suku bunganya sekitar 7% per tahun.

Opsi besaran plafon pinjaman 

Bank Mandiri memberikan beberapa pilihan atau opsi pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau KUR Mandiri sesuai dengan kebutuhan nasabah. Diantaranya berikut ini adalah pilihan atau opsi pinjaman KUR Bank Mandiri terbaru tahun 2024:

1. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro ini memberikan plafon pinjaman maksimal Rp10 juta dengan tenor untuk Kredit Modal Kerja sampai 3 tahun dan Kredit Investasi sampai 5 tahun. Bunga KUR Super Mikro Mandiri 2024 kemungkinan sama dengan tahun 2023 yaitu 3% per tahun.

2. KUR Mikro

Kemudian untuk jenis KUR Mikro dari Bank Mandiri memberikan plafon pinjaman mulai dari Rp10 juta sampai maksimal Rp100 juta. Untuk tenornya sama dengan opsi KUR Super Mikro, sementara bunga KUR Mandiri 2024 yaitu 6% per tahun.

BACA JUGA: Siapkan Syarat-syaratnya, KUR Mandiri 2023 Tawarkan Pinjaman Rp500 Juta Dengan Cicilan Rp1 Juta per Bulan

3. KUR Kecil

Selanjutnya ada program atau pilihan KUR Kecil Mandiri dengan plafon pinjaman mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 500 juta. Kemudian pilihan tenornya untuk jenis Kredit Modal Kerja sampai 4 tahun dan Kredit Investasi sampai 5 tahun, bunganya yaitu 6% per tahun.

4. KUR Penempatan Pekerja Migran

Selanjutnya ada program Kredit Usaha Rakyat khusus untuk pekerja Migran Indonesia yang bisa mendapat plafon pinjaman maksimal Rp 100 juta. Tenor pinjamannya sesuai masa kontrak kerja atau maksimal 3 tahun dengan bunga 6% per tahun.

5. KUR Khusus

Terakhir ada program KUR Khusus yang memberikan palfon pinjaman sampai Rp 500 juta dan pilihan tenor 4 tahun atau 5 tahun. Program KUR ini dibuat khusus untuk klaster usaha perkebunan, perikanan, peternakan dan industri UMKM lain dengan bunga KUR Mandiri 2024  6% per tahun.

Syarat pengajuan kreditnya

Berikut adalah syarat pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri untuk tahun 2024:

  • Calon penerima KUR Mandiri harus merupakan Warga Negara Indonesia.
  • Calon penerima harus memiliki usaha yang telah beroperasi setidaknya selama 6 bulan.
  • NIB atau Surat Keterangan Usaha sebagai bukti legalitas dan pengakuan resmi terhadap keberadaan usaha.

BACA JUGA: KUR Mandiri 2023: Syarat Lengkap KUR Kecil, KUR TKI, dan KUR Mikro dengan Plafon hingga 500 Juta Tenor Panjang

  • Calon penerima wajib memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Jika jumlah pinjaman yang diajukan melebihi Rp50 juta, pelamar diharuskan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebagai salah satu dokumen identifikasi pajak.
  • Fotokopi Kartu Keluarga untuk memverifikasi status kependudukan dan hubungan keluarga.
  • Untuk KUR Kecil dan KUR Khusus dengan plafon di bawah Rp100 juta, calon nasabah harus menunjukkan bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu syarat tambahan.

Dengan memenuhi syarat-syarat dan bunga KUR Mandiri 2024, calon nasabah dapat lebih mudah mengajukan dan mendapatkan dana untuk modal usaha sesuai kebutuhan melalui program KUR Mandiri. (*) 

Sumber: