Risiko Pinjol Tanpa KTP Bisa Buat Bunga Lebih Tinggi sampai Adanya Penagihan Agresif

Risiko Pinjol Tanpa KTP Bisa Buat Bunga Lebih Tinggi sampai Adanya Penagihan Agresif

Risiko ajukan pinjol tanpa KTP-freepik-

RADAR TEGAL – Tahukah Anda bahwa mengajukan pinjol tanpa KTP memiliki risiko tertentu di kemudian hari? Bahkan dampak buruk ini tidak banyak yang tahu.

Meski menggiurkan namun mengajukan pinjol tanpa KTP memiliki beberapa risiko yang tentu merugikan si konsumen. Mulai dari suku bunga yang dibebankan lebih tinggi sampai penagihan hutang yang agresif.

Tidak hanya itu, mengajukan pinjol tanpa KTP juga menimbulkan risiko tidak adanya perlindungan hukum jika terjadi sesuatu. Maka dari itu, Anda jangan berpikiran bahwa pinjaman online tanpa menyertakan KTP itu aman.

Berikut risiko pinjol tanpa KTP yang harus Anda ketahui. Jangan buru-buru tergiur dengan syarat pinjaman tanpa data diri!

Risiko pinjol tanpa KTP

Kartu Tanda Penduduk sudah lumrah menjadi salah satu persyaratan mengajukan kredit, termasuk pinjol.

BACA JUGA : Aturan Terbaru Pinjol 2024 dengan Bunga 0,3 Persen sampai Denda 0,1 Persen Perhari

Meskipun ada beberapa pinjaman online yang bisa cair tanpa perlu menyetorkan KTP sebagai syarat daftarnya, ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi setelahnya yang harus Anda ketahui utamanya saat mengajukan pinjaman online ilegal.

1. Identifikasi identitas diri tidak jelas

Risiko terbesar mengajukan pinjol tanpa KTP yaitu kurangnya identifikasi identitas yang jelas. KTP merupakan berkas resmi yang memberikan informasi seseorang, apalagi jika ingin mengambil pinjaman sejumlah uang dalam jumlah besar.

Jika mengajukan pinjaman tanpa KTP, nantinya akan sulit bagi pihak pinjol melakukan verifikasi data si peminjam. Inilah yang bisa membuka peluang adanya penipuan, penggelapan identitas, maupun tindak ilegal lainnya.

2. Data pribadi tidak aman

Risiko pinjol tanpa KTP selanjutnya membuat keamanan data pribadi tidak aman. Memang saat mengajukan, tidak perlu menyertakan KTP. Padahal, hal ini juga bisa membuat data pribadi tidak aman dan rentan disalahgunakan oknum tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA : Bukannya Aman, Ini 4 Risiko Fatal Jika Ganti Nomor Setelah Ajukan Pinjol

Sumber: