Pastikan Perayaan Natal Aman, Polres Brebes Sterilisasi Gereja

Pastikan Perayaan Natal Aman, Polres Brebes Sterilisasi Gereja

Anggota kepolisian saat melakukan pengecekan pada kendaraan yang ada di sebuah gereja.(dok. Humas Polres Brebes)--

RADAR TEGAL – Memastikan perayaan Natal 2023 berjalan lancar, Polres Brebes melakukan sterilisasi disejumlah gereja. Salah satunya dilakukan di sejumlah gereja yang berlokasi di jalan Yos Sudarso Brebes. 

Dalam sterilisasi tersebut, sejumlah atribut lemgkap seperti, metal detector, inspection mirror personil menyisir mulai dari halaman gereja. Hingga keseluruh sudut serta ruang utama yang akan digunakan untuk perayaan natal.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq melalui Kasat Samapta AKP Suraedi mengatakan sterilisasi gereja dilakukan dalam perayaan natal. Ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan merayakan natal.

Surawdi menyampaikan, sterilisasi dilakukan sejak Minggu 24 Desember 2023 lalu hingga hari ini. Hal tersebut sesuai perintah dari Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq saat melakukan monitoring dan pengecekan gereja-gereja bersama jajaran Forkopimda.

BACA JUGA:Deteksi Ancaman Teror Ibadah Natal, Polisi di Tegal Terjunkan Anjing Pelacak dan Metal Detektor ke Gereja

"Sesuai perintah dan arahan Kapolres Brebes, hari ini kita melaksanakan kembali sterilisasi di gereja yang ada di wilayah Brebes. Penyisiran dilakukan mulai dari halaman gereja, serta ruang utama yang akan digunakan untuk perayaan natal,” kata AKP Suraedi.

"Dan selama kegiatan sterilisasi tidak menemukan benda-benda yang membahayakan dan selanjutnya anggota melaksanakan pengamanan pelaksanakan ibadah natal bersama jajaran dari TNI dan Pemda," lanjutnya.

Sebelumnya, guna memastikan perayaan Natal 2023 aman, Penjabat (Pj) Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar berkeliling kesejumlah gereja. Pj Bupati menyampaikan, para jemaat tidak perlu khawatir.

Jemaat yang akan merayakan Natal dan tahun baru tak perlu cemas. Karena jajaran TNI dan Polri, Dishub, hingga Satpol PP telah memperketat pengamanan di sejumlah tempat ibadah yang tersebar wilayah Brebes. 

"Polri siap siaga, bahkan sudah menerjunkan personil bantuan dari Satuan Brimob Polda Jateng yakni Unit Jibom dalam mengamankan perayaan Natal,” pungkasnya.(*)

Sumber: