Deteksi Ancaman Teror Ibadah Natal, Polisi di Tegal Terjunkan Anjing Pelacak dan Metal Detektor ke Gereja

Deteksi Ancaman Teror Ibadah Natal, Polisi di Tegal Terjunkan Anjing Pelacak dan Metal Detektor ke Gereja

Sterilisasi Gereja sebagai upaya mendeteksi ancaman teror ibadah natal di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Jajaran Polres Tegal Kota melakukan sterilisasi tempat ibadah guna mendeteksi ancaman teror pelaksanaan ibadah natal, Minggu 24 Desember 2023. Dalam pelaksanaannya, polisi menerjunkan Anjing pelacak dan metal detektor.

Ada sejumlah tempat ibadah yang menjadi sasaran kegiatan dalam rangka mendeteksi ancaman teror ibadah natal. Antara lain, Gereja Bethel Indonesia, Gereja Hati Kudus Yesus, Gereja Maranatha dan Gereja Kristen Jawa.

KBO Sat Samaptha Polres Tegal Kota Ipda Sugiono mengatakan kegiatan sterilisasi dilakukan guna mendeteksi ancaman teror ibadah natal maupun gangguan lainnya. Karenanya, pihaknya menerjunkan anjing pelacak dan metal detektor untuk mendeteksi adanya bahan peledak maupun lainnya.

"Sasaran sterilisasi yakni adanya bahan peledak maupun hal-hal yang dapat mengganggu jalannya ibadah. Itu, sebagai upaya mendeteksi adanya ancaman teror ibadah natal, sehingga harapannya itu akan berjalan dengan aman,"katanya.

BACA JUGA:Kantor Penyelenggara dan Gudang Logistik Pemilu 2024 di Tegal Disterilisasi Libatkan Anjing Pelacak

Kapolres Tegal Kota melalui Kasihumas Ipda Joko Waluyo menambahkan, sterilisasi dilakukan dengan melakukan penyisiran ke sudut-sudut gereja yang akan mengadakan Natal. Jadwalnya, menyesuaikan ibadah di masing-masing lokasi. 

"Kita sudah melakukan sterilisasi 4 gereja. Yakni Gereja Betel Indonesia, Gereja Betel Maranata, Gereja Katholik Hati Kudus Yesus (HKY) dan Gereja Kristen Jawa (GKJ),"jelasnya.

Selain itu, ujar Ipda Joko, pihaknya juga melanjutkan lagi ke sejumlah gereja yang akan melaksanakan kegiatan ibadah. Hasil kegiatan sterilisasi hari ini, semua berjalan aman dan lancar. 

"Kita tidak kita temukan adanya benda mencurigakan yang dapat menjadi ancaman teror ibadah Natal. Maupun hal-hal yang dapat mengganggu jalannya ibadah," tegasnya.

BACA JUGA:Anjing Pelacak dan Metal Detektor Diturunkan untuk Sterilisasi Gereja di Kota Tegal

Pastur Paroki Gereja Hati Kudus Yesus, Romo FX Bagyo Purwosantoso, Pr menyampaikan apresiasi sterilisasi yang dilakukan Polres Tegal Kota. Harapannya, rangkaian kegiatan ibadah berjalan aman dan lancar. 

"Sehingga para jemaat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru 2024 dengan nyaman. Meski begitu, kami mengimbau, agar para jemaat saat melaksanakan ibadah tidak membawa barang yang berlebihan,"ujarnya.

Demikian informasi kegiatan sterilisasi Gereja yang akan melaksanakan ibadah Natal. Hal itu, dilakukan untuk mendeteksi adanya ancaman teror ibadah natal di Kota Tegal. (*)

Sumber: