Walikota Tegal Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilih untuk Menaikan Tingkat Partisipasi dalam Pemilu 2024

Walikota Tegal Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilih untuk Menaikan Tingkat Partisipasi dalam Pemilu 2024

Walikota Tegal mengajak masyarakat ikut tingkatkan tingkat partisipasi dalam Pemilu 2024--

RADAR TEGAL - Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengajak masyarakat turut menaikkan tingkat partisipasi dalam Pemilu 2024. Yakni, dengan menggunakan hak pilihnya saat penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

Ajakan kepada masyarakat untuk menaikkan tingkat partisipasi dalam Pemilu 2024 itu, disampaikan Walikota Tegal saat melakukan tatap muka dengan masyarakat di Kecamatan Tegal Barat. Kegiatan, dilaksanakan pada Jumat 23 Desember 2023 malam.

"Jangan sampai golput, mari kita tingkatkan tingkat partisipasi dalam Pemilu 2024. Caranya, dengan mendatangi TPS pada 14 Februari 2024 mendatang,"tandasnya. 

Menurut Dedy Yon, khusus bagi Kelurahan Tegal Sari dan Muarareja, yang warganya mayoritas nelayan agar pada saat hari pencoblosan juga turut berpartisipasi. Sehingga, tingkat partisipasi dalam Pemilu 2024 bisa meningkat.

BACA JUGA:Dongkrak Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2024, KPU Brebes Gandeng Awak Media

"Saya berharap, agar ada kerjasama antara KPU dengan KUD Karya Mina, HNSI dan PNKT. Guna melakukan sosialisasi baik kepada nelayan dan pemilik kapal,"jelasnya.

Selanjutnya, ujar Dedy Yon, bagi putra putri yang bekerja merantau atau kuliah diluar Kota, juga diimbau untuk tetap menyalurkan hak pilihnya.

Kepala Bakesbangpol Budi Saptaji mengatakan, sudah melaksanakan pendidikan politik untuk masing-masing kecamatan. Termasuk pendidikan politik untuk Kecamatan Tegal Barat.

"Salah satu tujuannya untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024. Selain di masing-masing kecamatan, sosialisasi juga dilaksanakan di sekolah-sekolah bagi pemilih pemula,"tandasnya.

BACA JUGA:Target Partisipasi Pemilih 80 Persen, Masyarakat Brebes Diajak Tolak Golput di Pemilu 2024

Budi menyebut, tingkat Partisipasi Pemilu 2019 Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebesar 75,84 persen, Legislatif 75,49 persen. Sementara pada Pilgub, 71,05 persen dan Pilwakot Tegal tingkat partisipasi sebesar 70,97 persen.

"Jika dibagi perkecamatan, tingkat partisipasi dalam Pilpres 2019, Tegal Selatan 80,98 persen, Margadana 62,85 persen, Tegal Barat 83,34 persen, Tegal Timur 82,26 persen.

Sementara Camat Tegal Barat, Edy Sudirman sebagai tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada Wali Kota dan jajaran OPD di Lingkungan Pemkot Tegal. Dalam kesempatan itu Camat menggambarkan profil dan keadaan wilayah serta capaian kerja Kecamatan Tegal Barat di hadapan Wali Kota dan warga. 

Demikian informasi terkait ajakan Walikota Tegal kepada masyarakat agar turut meningkatkan tingkat partisipasi dalam Pemilu 2024. Yakni, dengan mendatangi TPS untuk memberikan suaranya. (*)

Sumber: