Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023 Polres Tegal

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023 Polres Tegal

Apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2023 Polres Tegal--

RADAR TEGAL - Jajaran Polres Tegal menggelar apel gelar pasukan operasi Lilin Candi 2023 di Lapangan Asrama Polisi (Aspol) Kalibliruk Slawi, Jumat, 22 Desember 2023 sore. Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun dan Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman. 

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023, diikuti Polres Tegal, Kodim 0712/Tegal, Dishub Kabupaten Tegal, BPBD Kabupaten Tegal, Jasa Raharja, PMI Kabupaten Tegal. Serta para undangan lainnya.  

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dalam sambutannya yang dibacakan Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengatakan Apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2023 secara serentak di Seluruh wilayah indonesia. Itu, merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi.

"Sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal. Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar," kata Kapolres Tegal, saat membacakan amanat Kapolri.  

BACA JUGA:Posko Terpadu Nataru Dibuka 2 Pekan di Kantor Gubernur Jateng, Nana Sudjana: Ini Sentral

Hal itu, katanya, sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo. Natal dan Tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, dipersiapkan, utamanya terkait transportasi, pasokan dan Distribusi bahan pokok. 

"Itu penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia. Yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas,"ujarnya.

Kapolres melanjutkan, berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Nataru diperkirakan mencapai 107,63 juta orang. Meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya,"tandasnya.

Selain itu, katanya, perayaan Nataru ini juga bertepatan dengan masa Kampanye Pemilu 2024. Sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Siap Amankan Nataru di Pesisir, Satpolairud Polres Tegal Gelar Apel Siaga Pengamanan

"Karenanya, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, Pemda, Mitra Kamtibmas dan Stakeholder terkait. Dengan menggelar Operasi Lilin 2023 selama 12 hari, mulai tanggal 22 desember 2023 hingga 2 Januari 2024,". 

Operasi tersebut melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya. Mereka akan ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 Pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Dirinya juga mengingatkan, ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Karenanya, kedepankan deteksi dini dan preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya.

"Serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah. Agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah natal ataupun malam pergantian tahun,"tandasnya. (*)  

Sumber: