4.472 Kader Kampung KB di Brebes Dilatih Petakan Penyakit Tidak Menular

4.472 Kader Kampung KB di Brebes Dilatih Petakan Penyakit Tidak Menular

Pelatihan kader kampung KB di Brebes--

RADAR TEGAL - Ribuan kader kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kabupaten Brebes mengikuti kegiatan pelatihan khusus. Itu, terkait dengan pemetaan dan pendampingan Penyakit tidak menular guna mendongkrak realisasi program kerja.

Adapun materi yang didapatkan para kader kampung KB antara lain, Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia. Hingga, potensi temuan penyakit Tuberculosis maupun Diabetes Melitus melalui pemeriksaan berkala.

Kepala DPPPAPPKB Kabupaten Brebes Akhmad Ma'mun menyampaikan, pembentukan Timkor Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas mengacu Inpres 3/2022. Tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, Kampung KB harus setingkat Desa/Kelurahan.

"Kader Kampung KB dibekali edukasi Penyakit Tidak Menular dengan PHBS dan Germas. Selain mendapat pendampingan dari Timkor OPKKB,"katanya.

BACA JUGA:Kereen! 297 Kampung KB di Brebes Dikukuhkan Pj Bupati, Sekaligus Launching Timkor OPKKB

Kabid Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerakan DP3KB Kambali menambahkan, sebelumnya telah berlangsung rakor penguatan KKB yang dipimpin Sekda Brebes Djoko Gunawan dan pembentukan TimKor KKB. Puncaknya pengukuhan Kader kampung KB.

"Pengurusnya, melibatkan Kepala DP3KB, Kepala Dinkes serta OPD terkait. Termasuk, camat dan kades hingga lurah di 297 desa dan kelurahan,"ujarnya. 

Kambali menambahkan, setelah fasilitasi dan orientasi bagi pengelola website KKB dan rumah dataku. Launching KKB dan pengukuhan Timkor OPKKB bisa mendongkrak penyelengaraan KKB di kabupaten Brebes. (*)

Sumber: