Jenis Mobil LCGC Semakin Banyak Diminati, Penjualannya Meningkat karena Bandel dan Irit BBM

Jenis Mobil LCGC Semakin Banyak Diminati, Penjualannya Meningkat karena Bandel dan Irit BBM

Jenis Mobil yang Banyak Diminati di Indonesia--

RADAR  TEGAL – Bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan mobil dengan harga terjangkau dan konsumsi bahan bakar irit. Maka jenis mobil LCGC atau low cost green car yang cocok untuk Anda.

Apa itu mobil jenis LCGC?

Mobil LCGC merupakan jenis mobil yang dirancang untuk memenuhui kebutuhan masyarakat Indonesia terutama yang menginginkan mobil irit bahan bakar dengan harga terjangkau.

Jenis mobil LCGC ini, kali pertama diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013 lalu dan langsung populer di kalangan masyarakat.

Harga relatif terjangkau

Diketahui, Mobil LCGC memiliki beberapa keunggulan seperti dibanderol dengan harga terjangkau, memiliki konsumsi bahan bakar yang irit, serta dirancang untuk menghasilkan emisi yang rendah.

BACA JUGA: 6 Mobil Keluarga Murah Terbaik 2023 di Bawah Rp200 Juta, Cocok untuk Dibawa Sehari-hari

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia diketahui bahwa pada periode Januari hingga November tahun ini, permintaan terhadap mobil LCGC mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun lalu.

Kemudian, pada periode yang sama di 2022, jumlah mobil LCGC yang dikirim dari  diler ke konsumen tercatat sebanyak 160.569 unit. Sedangkan pada tahun ini, angkanya naik 13 pesen menjadi 181.008 unit.

Adapun kenaikan yang lebih besar terjadi pada pengiriman mobil jenis LCGC dari pabrik ke diler,  dalam 11 bulan di 2022 jumlahnya mencapai 141.094 unit. Kemudian, pada periode yang sama di 2023, angkanya meningkat 35,3 persen menjadi 190.872 unit.

BACA JUGA: Bocoran Spesifikasi Mobil Toyota Rush Terbaru 2024, Benarkan Dapur Pacunya Lebih Mantap

Untuk jenis mobil lainnya yang menggunakan penggerak dua seperti MPV dan SUV, permintaan konsumen pada tahun ini mengalami penurunan sebesar dua persen dari yang tadinya 508.222 unit menjadi 495.555 unit.

Selanjutnya, untuk jenis sedan jumlahnya justru mengalami kenaikan sebesar 14 persen. Yakni dari 7.366 unit di 2022 menjadi 8.382 unit di tahun ini.

Adapun peningkatan paling besar terjadi pada jenis pikap kabin ganda. Baik penggerak dua roda  ataupun empat roda.

Menurut data dari Gaikindo dikatakan, bahwa sepanjang bulan Januari hingga November tahun ini angkanya naik menjadi 38 persen. Data itu menunjukan permintaan yang semakin tinggi terhadap mobil jenis LCGC dari beberapa pabrikan.

Demikian juga dengan mobil penumpang yang menggunakan sistem pengerak empat roda, yang mana peminatnya alami peningkatan 35 persen dari yang tadinya 7.134 unit di tahun lalu, kini menjadi 9.689 unit pada tahun ini.

BACA JUGA: Mobil LSUV Toyota Masih Pimpin Puncak Pasak Otomotif, Ini 5 Keunggulan yang Membuatnya Makin Laris

Demikian ulasan mengenai jenis mobil LCGC, sebagai salah satu varian yang banyak diminati di Indonesia. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: