Anti Ribet, Ini Cara Mengatasi Galbay Pinjol yang Harus Kamu Ketahui agar Tidak Didatangi DC

Anti Ribet, Ini Cara Mengatasi Galbay Pinjol yang Harus Kamu Ketahui agar Tidak Didatangi DC

Cara Mengatasi Galbay Pinjol 2023--

3. Mengajukan Restrukturasi Pinjaman

Cara mengatasi galbay pinjol selanjutnya adalah dengan mengajukan restrukturasi pinjaman. Restruksturasi bisa melibatkan pengurangan nominal pinjaman, pengurangan suku bunga, hingga perpanjangan waktu pinjaman.

4. Lakukan Negosiasi Ulang

Jika pihak pinjol tidak mau untuk memberikan restrukturasi pinjaman, maka kamu bisa menegosiasi ulang. Negosiasi ini bisa berupa pengurangan jumlah pinjamna, perpanjangan tenor, hingga pengurangan bunga.

5. Melaporkan Ke Pihak yang Berwajib

Cara terakhir yaitu dengan melaporkan kepada pihak yang berwajib jika pihak pinjaman melanggar peraturan. OJK, Satgas Waspada Investasi, hingga kepolisian bisa kamu hubungi untuk melaporkan pelanggaran tersebut.

BACA JUGA:Data Masih Baru dan Tidak Pernah Galbay tapi Ditolak Pinjol, Kemungkinan 2 Hal Ini Penyebabnya

Sebagai nasabah mungkin ada saat dimana kamu memiliki masalah keuangan hingga tidak bisa membayar tagihan tepat waktu. Jika saat itu terjadi, maka kamu bisa mengkomunikasikan hal ini dengan pihak pinjol.

Jangan mengabaikan jika pihak pinjol menghubungi kamu lewat telepon atau SMS. Jika kamu mengabaikan, maka pihak pinjol akan menganggap kamu lari dari tanggung jawab dan malah akan memperburuk situasi.

Temui saja mereka dan jawab panggilan serta jelaskan kondisi yang sedang kamu alami saat itu. Jelaskan secara jelas agar pihak pinjol bisa mengerti situasi kamu dan menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut.

Bahaya galbay Pinjol

Jika kamu galbay pinjol maka akan terdapat bahaya atau resiko yang dihadapi. Salah satunya adalah kedatangan DC ke rumah kamu untuk menagih tagihan.

BACA JUGA:Anti Ribet, Ini Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah dan Foto Selfie KTP dengan Bunga Rendah

Kamu juga akan menanggung denda keterlambatan jika melewati batas waktu jatuh tempo. Serta bisa saja kamu akan di blacklist dari pinjaman online tersebut.

Jadi, sebisa mungkin untuk tidak mengalami galbay dengan membayar tagihan tepat waktu. Jika kamu lancar dalam membayar tagihan, kamu juga akan dipermudah ketika mengajukan pinjaman lagi.

Sumber: