IGRA Kabupaten Tegal Gelar Simulasi Manasik Haji, 16.800 Siswa RA Ikuti Bimbingan

IGRA Kabupaten Tegal Gelar Simulasi Manasik Haji, 16.800 Siswa RA Ikuti Bimbingan

Simulasi manasik haji siswa RA di Kabupaten Tegal--

RADAR TEGAL - Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Tegal menggelar simulasi manasik haji, Sabtu 16 Desember 2023 pagi. Kegiatan yang digelar di lapangan Pemkab itu diikuti sebanyak 16.800 anak-anak RA.

Menurut Ketua Pimpinan Daerah IGRA Kabupaten Tegal, Ani Suryani mengatakan, simulasi manasik haji merupakan kegiatan untuk mengenalkan rangkaian ibadah Haji bagi anak usia dini. Dengan tata tertib yang sudah ditentukan.

"Simulasi Manasik Haji, dikenalkan sebagai ibadah fisik yang dilakukan oleh para jamaah. Dengan tata tertib yang sudah ditentukan menyesuaikan kegiatan ibadah haji pada umumnya,"katanya.

Simulasi Manasik Haji itu juga untuk mengenalkan Rukun Islam yang ke lima pada anak anak. Kegiatan tersebut dilaksanakan semirip mungkin dengan kegiatan ibadah haji yang sebenarnya. 

BACA JUGA:500 Santri Ponpes di Tegal Ikuti Simulasi Manasik Haji, Ini Rutenya

"Dimulai dari memakai pakaian ihrom, niat berhaji dan mengumandangkan talbiyah selama kegiatan SMH. Anak anak juga dikenalkan tata cara berhaji mulai dari rukunnya sampai wajib hajinya,"tandasnya.

Menurut Ani, kegiatan ini di ikuti 16.800 siswa RA dari 13 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Tegal yang dibagi menjadi 13 Kloter. Peserta ini terdiri dari siswa RA, wali murid dan para guru se kabupaten Tegal.

"Kegiatan Simulasi Manasik Haji, dilaksanakan di tingkat kabupaten yang diprakarsai IGRA Kabupaten Tegal. Kita mengagendakan kegiatan ini setiap dua tahun sekali,"jelasnya.

Ani menambahkan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengusung tema Manasik Haji Melatih Anak Menjadi Tamu Allah Sejak Dini. Tujuan kegiatan itu, yakni pendidikan karakter religius yang diperoleh anak anak.

BACA JUGA:1.238 Siswa RA di Kabupaten Tegal Melaksanakan Manasik Haji

"Dimana proses transformasi nilai- nilai agama itu sangat penting. Untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang, sehingga menjadi satu dalam perilaku kehidupan,"jelasnya.

Ani berharap, Simulasi manasik haji ini akan terus menjadi program unggulan IGRA Kabupaten Tegal. Sebab, kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari berbagai kalangan.

Sekedar informasi, hadir dalam acara tersebut Kabag Kesra Pemda Kabupaten Tegal H. Basyir M.M yang mewakili Bupati Tegal. Serta Kepala Kemenag Kabupaten Tegal H.M.Aqsho sekaligus membuka acara SMH itu. (*)

Sumber: