Dapat Pesan Whatsapp Pinjol Ilegal dari Nomor Misterius Harus Dibalas atau ,Mending Jangan?

Dapat Pesan Whatsapp Pinjol Ilegal dari Nomor Misterius Harus Dibalas atau ,Mending Jangan?

Dapat Pesan Whatsapp Pinjol Ilegal dari Nomor Misterius Harus Dibalas atau ,Mending Jangan?--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Untuk memperkuattekad Anda tidak perlu balas pesan WA pinjol ilegal itu, berikut adalah sejumlah alasan mengapa Anda tidak boleh balas pesan WA pinjol ilegal:

1. Bisa Menjadi Sasaran Praktik Penagihan Ilegal

Jika Anda membalas pesan pinjol ilegal itu, dikahwatirkan Anda bisa terkena praktik penagihan yang ilegal. Seperti yang kita ketahui pinjaman online ilegal memiliki DC yang siap tagih nasabah sampai ke rumah.

BACA JUGA:Hati-hati Teror Pinjol Ilegal Menjelang Libur Nataru 2023

Sayangnya praktik penagihan DC pinjol ilegal sangat kasar dan tidak etis, bahkan sampai melibatkan kekerasan. Melihat pada berita yang belakangan ini terjadi juga, banyak kasus orang bunuh diri akibat sering diteror DC pinjol ilegal.

2. Kerap Terjadi Penyalahgunaan Data

Jika Anda membalas pesan WA pinjol ilegal itu dan sudah mengirimkan data pribadi, maka kemungkinan penyalah gunaan data pribadi Anda sangatlah besar.

Bahkan tidak jarang kasus penyalah gunaan data pribadi oleh Pinjol ilegal yang berawal dari balas-balasan pesan WA.

3. Mengganggu Privasi Anda

Terakhir, pinjol ilegal yang mengirimkan pesan biasanya tidak akan berhenti sebelum Anda membalas pesan tersebut. Maka dari itu Anda disarankan untuk memblokir langsung nomor pinjol ilegal tersebut demi kenyamanan dan keamanan.

BACA JUGA:Waspada Pinjol Ilegal, Ini Pesan yang Dititipkan OJK Kepada Masyarakat Indonesia Jelang Libur Panjang Nataru

Anda juga bisa melaporkan pesan tersebut ke pihak yang berwenang seperti Otoritas Jasa Keuangan atau lebih dikenal sebagai OJK yang selalu mengawasi seluruh lembaga yang berjalan di sektor keuangan.

Akhir kata

Nah jadi itulah informasi seputar pesan Whatsapp pinjol ilegal yang sebenarnya tidak perlu Anda balas. Bahkan lebih baik bisa Anda blokir untuk alasan keamanan. 

Memang keberadan pinjol ilegal masih sangat meresahkan di Indonesia, terlebih angka pertumbuhannya yang setiap tahun selalu bertambah.

Sumber: