Nelayan Brebes Ditemukan Meninggal Dunia di Laut, Penyebabnya Diduga Karena Ini

Nelayan Brebes Ditemukan Meninggal Dunia di Laut, Penyebabnya Diduga Karena Ini

Petugas mengevakuasi nelayan Brebes yang tenggelam saat mencari ikan--

RADAR TEGAL - Nasib naas dialami Cuswanto, 24 tahun nelayan asal Desa Prapag Kidul Kecamatan Losari. Dirinya, ditemukan meninggal, Jumat 15 Desember 2023 siang di perairan Kabupaten Brebes.

Nelayan Brebes itu meninggal diduga akibat tenggelam setelah terpelet dan terjerat jaring saat mencari ikan di laut. Jasad korban akhirnya berhasil dievakuasi tim gabungan dari Satpol Airud, SAR dan nelayan lainnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, sebelumnya nelayan Brebes itu berangkat melaut menggunakan perahu untuk menjaring ikan bersama rekannya Sayidin, 45, sejak Kamis (14/12) sekira pukul 04.00 WIB. Saat tengah menurunkan jaring ikan kaki korban tersangkut tambang jaring. 

Melihat korban terjatuh ke laut, rekannya berupaya melakukan pencarian. Namun, setelah beberapa jam mencari, korban tidak dapat ditemukan. 

BACA JUGA:Pamit Ambil Perahu, Seorang Nelayan Ditemukan Mengapung di Perairan Waduk Malahayu

Saksi sekaligus teman korban kemudian memutuskan pulang sekitar pukul 14.00 WIB. Sesampainya di daratan, saksi kemudian memberitahukan peristiwa tersebut ke pihak keluarga yang langsung berusaha mencari keberadaan korban bersama warga. 

Namun, upaya pencarian korban belum membuahkan hasil. Sehingga, proses pencarian kembali dilanjutkan pada Jumat, 15 Desember 2023 siang.

Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq melalui Kapolsek Losari AKP Sodikin mengatakan setelah menerima laporan adanya nelayan yang jatuh ke laut langsung berkoordinasi dengan Satpolairud dan instansi terkait. Selanjutnya, dilakukan upaya pencarian.

"Petugas gabungan dari Satpolair, SAR dibantu warga nelayan akhirnya berhasil menemukan jenazah korban. Korban ditemukan dalam kondisi mengapung sekira pukul 12.45 WIB,"katanya.

Menurut Kapolsek, selanjutnya petugas mengevakuasi nelayan Brebes itu ke daratan. Jasad korban kemudian diserahkan ke pihak keluarga yang menerima peristiwa tersebut sebagai musibah dan langsung melakjkan proses pemakaman. (*)

Sumber: