Polres Tegal Siapkan Langkah untuk Antisipasi Trouble Saat Natal dan Tahun Baru 2024

Polres Tegal Siapkan Langkah untuk Antisipasi Trouble Saat Natal dan Tahun Baru 2024

Kasatlantas Polres Tegal menyampaikan kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024--

RADAR TEGAL - Jajaran Satlantas Polres Tegal menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi trouble saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Di antaranya, menyiapkan beberapa pos selama pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2023, berlangsung pada 22 Desember 2023 - 2 Januari 2024.  

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasat Lantas AKP Wendi Andranu SIK menyatakan pihaknya tengah menjalin kerjasama dengan stakeholder terkait yang diterjunkan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024. Pihak terkait yang akan membantu dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban antara lain TNI dan stakeholder lain.

"Kami akan bersinergi dengan petugas gabungan dari TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Satpol PP, Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan. Selain itu, juga BPBD, DPUPR, serta PMI Kabupaten Tegal,"ujarnya Sabtu, 16 Desember 2023.

Nantinya, kata Wendi, para personil gabungan akan ditempatkan dibeberapa Pos Nataru yang ada di wilayah hukumnya. Menurutnya, saat ini pihaknya sudah mendirikan 14 pos Nataru, 1 pos terpadu di Exit Tol Adiwerna, 1 pos pelayanan di Obyek Wisata Guci, dan 12 pos pengamanan yang tersebar di sejumlah titik.

BACA JUGA:Satgas Quick Response Mulai Bersiap Jelang Natal dan Tahun Baru, Antisipasi Kerawanan

"Selain pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024, kami juga fokus ke beberapa obyek wisata. Termasuk yang utama yaitu Obyek Wisata Guci yang jadi perhatian Korlantas Polri,"tandasnya.

Menurut Wendi, di lokasi tersebut pihaknya sudah bangun pos pelayanan dan pos pengamanan. Disamping pengamanan oleh beberapa instansi di Obyek Wisata Guci.

"Salah satu yang menjadi atensi yakni keberadaan masyarakat yang membantu tugas kepolisian dalam penanganan kemacetan. Namun kita tetap akan mengadakan pertemuan dengan para relawan, agar tidak melibatkan anak di bawah umur dalam penanganan kemacetan di jalur menuju Kawasan Obyek Wisata Guci,"jelasnya.

Terkait kantong-kantong parkir, kata Kasatlantas, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dishub dan Dinas Pariwisata. Termasuk memberikan imbauan kepada wahana wisata dan hotel atau penginapan di area Guci.

BACA JUGA:6 Fakta Hiasan Bunga Kastuba yang Laris Menjelang Natal dan Tahun Baru, Ternyata Ini Artinya

" Kantong parkir sudah kita siapkan 14 titik. Termasuk semua wahana wisata maupun penginapan harus menyediakan lokasi tempat area parkir,"rincinya.

Selain itu, imbuh Kasatlantas, pihaknya juga akan menyiapkan personel tim urai di sejumlah titik kepadatan arus lalu lintas. Salah satunya di jalur Pantura, jalur Selatan dan jalur utama menuju obyek wisata Guci maupun di obyek wisata Cacaban. 

Demikian informasi terkait upaya Polres Tegal dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. (*)

Sumber: