Bisnis Pinjol Ilegal Sukses Peras Duit Warga RI, Ternyata Kunci Gaet Korbannya Ada Pada Celah Ini

Bisnis Pinjol Ilegal Sukses Peras Duit Warga RI, Ternyata Kunci Gaet Korbannya Ada Pada Celah Ini

Bisnis Pinjol Ilegal Sukses Peras Duit Warga RI, Ternyata Kunci Gaet Korbannya Ada Pada Celah Ini--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Adapun mereka juga berhasil memblokir 7.200 entitas lembaga keuangan ilegal yang ditemukan selama periode bulan Agustus tersebut. Lebihnya mereka juga menemuka 1.196 investasi ilegal dan 251 entitas gadai ilegal yang semuanya termasuk kepada 7.200 entitas diatas.

BACA JUGA:Geger! OJK Temukan Pengguna yang Hutang di 40 Layanan Pinjol Ilegal dalam Sehari, Kok Bisa?

Dampak negatif bisnis pinjol ilegak

Melihat betapa untungnya bisnis tersebut, mari kita lihat dampak kerugiannya bagi masyarakat yang menjadi korban.

1. Kerugian Finansial

Kerugian yang pertama jelas adalah kerugian finansial. Pinjol ilegal umumnya menawarkan nilai bunga yang tinggi bahkan hingga 1%. Hal ini tentu dapat menjadi masalah yang menyebabkan kerugian finansial yang besar bagi si peminjam, terlebih jika mereka mengalami galbay.

2. Gangguan Psikologis

Kerugian yang kedua ini sebenarnya jarang yang terjadi, namun gangguan psikologis bisa terjadi kerana pinjol ilegal seringkali melakukan proses penagihan yang kasar dan intimidatif. 

Selain itu, cara penagihan mereka juga seringkali menggunakan kata-kata yang kasar dan intimitdatif untuk memaksa peminjam untuk segera membayar utang.

BACA JUGA:Ikuti Trik Ini agar DC Pinjol Tidak Bisa Menghubungi Kontak Darurat Saat Galbay

3. Dampak Sosial

Terakhir, ada dampak sosial yang di akibatkan dari penggunaan pinjol ilegal. Salah satu dampaknya adalah meningkatnya angka perceraian, kriminalitas, hingga bunuh diri.

Namun beberapa dampak yang paling dirasakan adalah dampak ketiga yakni bunuh diri. Untuk alasan dari tindakan mengakhiri nyawa sendiri itu dikarenakan peminjam merasa tidak sanggup untuk menghadapi beban utang yang semakin membengkak.

Oleh karenanya, ia merasa bahwa mengakhiri nyawa sendiri adalah pilihan yang tepat untuk terbebas dari belenggu utang yang menghantuinya setiap hari.

Nah, jadi itulah informasi seputar bisnis pinjol ilegal yang menggiurkan namun merugikan banyak orang. Harapannya setelah membaca artikel ini, Anda lebih mengerti akan dampak yang ditimbulkan dari bisnis haram tersebut.(*)

Sumber: