Saingi Samsung, Nokia G42 5G Tawarkan Fitur Panel Layar Corning Gorilla Glass 3

Saingi Samsung, Nokia G42 5G Tawarkan Fitur Panel Layar Corning Gorilla Glass 3

Penampakan Nokia G42 5H-YouTube@imatex-

RADARTEGAL- HMD Global pemegang lisensi Nokia merilis Nokia G42 5G yang menjadi perangkat 5G pertama menjadi saingan terbaru Samsung yang bisa diperbaiki sendiri di rumah. Pengguna Nokia G42 5G akan leluasa memperbaiki secara mandiri mengganti baterai atau layar yang rusak supaya awet dan tahan lama

Merealisasikan program ini, pihak HMD Global menggandeng iFixit, sebuah komunitas yang gemar membongkar dan  perbaikan berbagai gadget. Komunitas iFixit nantinya memberi  panduan, alat maupun komponen yang dibutuhkan dalam memperbaiki Nokia G42 sama sepert Nokia G22 sebelumnya

Spesifikasi Nokia G42 5G

Bergeser pada spesifikasi, Nokia G42 5G memang canggih terlihat dari desain, terutama pada layar panel 6,5 inci yang pasti saingan terbaru Samsung. Ukuran layar yang didukung HD+ terkesan lebih lega dan luas saat  bermain game, browsing internet dengan kecerahan mengesankan.

Masalah kecerahan memang tidak mengecewakan setidaknya dukungan layar HD+720p dengan kecepatan refresh 90 Hz.

BACA JUGA:Saingi iPhone dan Samsung, Nokia Siapkan Nokia R21 Max yang Mempunyai 4 Kamera Canggih

Panel layar tetap berkualitas meski terkena sinar matahari

Kualitas  kecerahan tidak diragukan lagi meski layar terkena sinar matahari, karena Nokia mengklaim kecerahan tipikal 450 nits. Bahkan Nokia menyebut menggunakan peningkatan kecerahan maksimum 560 nits yang pasti nyaman untuk mata.

Fitur anti air dan bezel

Hal istimewa dari Nokia G42 5G adalah keberadaan fitur bezel terlihat jelas sekitar layar bagian bawah yang pasti membuat berkelas. Di samping itu, layar panel sudah bersertifikat  1P62 dengan kata lain bahwa layar terlindung dari air atau debu.

Ketika ponsel terkena air hujan atau kecipratan percikan cairan layar tetap aman dan tidak kalah dengan brand Samsung atau iPhone

Kamera utama 50 MP

Beralih ke bagian kamera akan menemukan sebuah kamera utama 50  MP yang mempunyai kualitas terbaik dan mumpuni. Lantaran dengan kamera 50 MP tersebut bisa berfungsi begitu baik meski kondisi cahaya matahari yang terik.

BACA JUGA:Spesifikasi HP Nokia C12 Pro Miliki Fitur Ketahanan Paparan Debu, Simak Selengkapnya!

Lensa makro di fitur mode malam

Ketika menjelang malam tiba, pengguna bisa memanfaatkan mode malam yang terkesan begitu berkualitas dengan lensa makro. Karenanya tidak perlu ragu beralih smartphone  Nokia G42 5G karena kamera utama 50 MP ini memang istimewa.

Pada lensa makro di fitur mode malam mampu bekerja lebih baik dibandingkan pesaingnya. Alasan mengapa wajib coba Nokia G42 5G karena ada kamera makro 2MP dengan mode pemotretan makro khusus untuk melihat  obyek lebih dekat.

Hasilnya tidak perlu diragukan kualitasnya. Warna tajam,cerah dan jernih meski diambil dalam cahaya redup.

Body yang elegan

Nokia G42 5G memiliki body begitu elegan dengan desain mewah. Casing berbahan plastik yang memiliki warna so purple atau so grey.

BACA JUGA:Pengisian Baterai Lambat, Inilah Spesifikasi HP Nokia C22 yang Perlu Diketahui!

Pada bagian belakang terlihat mengkilat premium terkena sinar kemudian setiap sisi baik kanan maupun kiri dihiasi beberapa fitur. Sisi bagian kanan ada  tombol volume dengan dukungan pemindai sidik jari internal

Sementara bagian sisi kiri terdapat tempat kartu SIM dan kartu mikroSD. Sebelah bawah ada input pengisian daya USB-C.

Pada bagian kiri, kita akan menjumpai sebuah fitur jack headphone berdiameter 3,5 mm.  Saingan Samsung dan Oppo ini terlihat tampil elegan.

Desain Nokia G42 5G yang demikian mewah ini bukan lagi desain revolusioner tetapi  memang spektakuler saingan berat Samsung dan iPhone.

BACA JUGA:Pengisian Baterai Lambat, Inilah Spesifikasi HP Nokia C22 yang Perlu Diketahui!

Kesediaan Barang

Sampai saat ini ketersediaan terbatas hanya dijual di wilayah negara India, Inggris dan negara Australia mulai 10 Agustus 2023. Harga Nokia G42 5G sekitar Rs12.599 atau setara Rp2,3 juta.

Demikian tadi ulasan singkat Nokia G42 5G yang ternyata spesifikasinya tidak kalah dengan Samsung atau Oppo. Tertarik membeli? (*)

Sumber: