Selamat! Akhirnya IPM Kabupaten Brebes Naik Menjadi 69,71, Tak Lagi Paling Buncit

Selamat! Akhirnya IPM Kabupaten Brebes Naik Menjadi 69,71, Tak Lagi Paling Buncit

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin. (istimewa)--

RADAR TEGAL - Berdasarkan berita resmi statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Brebes mengalami kenaikan. Yakni dari 67,3 pada 2022 lalu menjadi 69,71 pada 2023 ini.

Dengan kenaikan itu, posisi IPM Kabupaten Brebes naik dua peringat. Atau naik dua peringkat dari sebelumnya yang menempati posisi paling bawah.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengaku bersyukur dengan hasil rilis tersebut. Menurutnya, kenaikan IPM Kabupaten Brebes menunjukkan program Pemerintah Daerah (Pemda) Brebes semakin baik dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak. Alhamdulillah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Brebes naik dari semula 67,3 di tahun 2022 menjadi 69,71 di 2023. Insya Allah kita bisa lebih baik.," ujarnya.

BACA JUGA:Bupati Umi Azizah Sebut IBN Tegal Ikut Serta Tingkatkan IPM: Saat Ini Nilainya 69,53

Urip menjelaskan, dengan kenaikan posisi IPM Kabupaten Brebes di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini berarti program pemerintah daerah dapat dirasakan masyarakat. Baik itu program kesehatan, pendidikan, hingga ekonomi semakin meningkat 

Data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah menunjukkan, IPM Kabupaten Brebes Tahun 2023 berada pada angka 69,71 meningkat dua tangga di atas Kabupaten Banjarnegara dan Pemalang. Peningkatan poin IPM Kabupaten Brebes bahkan menjadi tertinggi kedua setelah Kabupaten Wonogiri.

Terkait kenaikan IPM Kabupaten Brebes, ternyata ada tiga dimensi dasar dalam membentuk IPM. Yakni umur panjang dan hidup sehat (a long and healthy life), pengetahuan (knowledge), dan standar hidup layak (decent standard of living).

IPM dihitung berdasarkan rata-rata geometrik indeks kesehatan, indeks pengetahuan dan indeks pengeluaran.

BACA JUGA:Dongkrak IPM, Dindikpora Jemput ATS Lewat Program GKB

Penghitungan ketiga indeks itu dilakukan dengan melakukan standardisasi dengan nilai minimum dan maksimum masing-masing komponen indeks. IPM merupakan indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang.

"Peningkatan tahun ini membuktikan bahwa kita bisa. Ke depan kita juga harus lebih baik lagi," pungkasnya.

Demikian informasi terkait IPM Kabupaten Brebes. Semoga kenaikan ini bisa terus ditingkatkan. (*)

Sumber: