Pendopo Jaga Dipa Diresmikan, Namanya Sengaja Diambil dari Tokoh Pendiri Margadana

Pendopo Jaga Dipa Diresmikan, Namanya Sengaja Diambil dari Tokoh Pendiri Margadana

TUMPENG- Ketua LPMK Joko Margo Purnomo menyerahkan potongan tumpeng kepada tokoh masyarakat Mayor Warudin disaksikan Lurah Margadana Slamet Sugiarto dan Budayawan Atmo Tan Sidik di Pendopo Jaga Dipa Kantor Kelurahan Margadana belum lama ini.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Pendopo Jaga Dipa Kelurahan Margadana Kecamatan Margadana Kota Tegal belum lama ini diresmikan. Peresmian itu dilakukan setelah pendopo kantor kelurahan tersebut selesai renovasi. 

Nama pendopo tersebut sengaja menggunakan nama Jaga Dipa bukan tanpa sebab. Hal itu diputuskan melalui berbagai diskusi dan literatur tentang Margadana.

"Jaga Dipa merupakan tokoh cikal bakal berdirinya Kelurahan Margadana, untuk mengenang jasanya kita jadikan nama pendopo," kata Lurah Margadana Slamet Sugiarto atau yang akrab disapa Ugiek.

Nama Pendopo Jaga Dipa diambil dari berbagai diskusi kebudayaan, literatur dan sejarah di Kelurahan Margadana. Sehingga menjadi keputusan bersama untuk memberi nama Pendopo Jaga Dipa. 

BACA JUGA:Jadi Prioritas, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Margadana Kota Tegal Berencana Dirikan Minimarket

Tujuannya agar masyarakat selalu mengingat tokoh pendiri Margadana yang bernama Jaga Dipa. Penentuan nama itu, diakuinya tidak mudah dan harus melakukan penelusuran yang panjang.

Terkait hal ini, Budayawan Atmo Tan Sidik menjelaskan bahwa Jaga Dipa merupakan tokoh cikal bakal berdirinya Kelurahan Margadana yang berarti penjaga dipa atau wilayah. 

Sehingga sudah sewajarnya apabila dijadikan nama pendopo. Hal itu untuk terus mengenang jasanya di Margadana.

"Jaga Dipa mempunyai peran penting adanya Kelurahan Margadana," terangnya.

BACA JUGA:Jadi Sekolah Adiwiyata, SDN Margadana 5 Kota Tegal Gandeng Bank Sampah Marga Jaya Rindang

Sementara itu, Ketua Komisi 3 DPRD Kota Tegal yang juga tokoh masyarakat Enny Yuningsih menyampaikan, pihaknya telah mendukung adanya renovasi pendopo Kelurahan Margadana.

Dengan dukungan tersebut saat ini pendopo kelurahan menjadi lebih baik lagi. Sehingga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan di masyarakat.

"Sudah kami dukung untuk perbaikan pendopo menjadi lebih baik lagi. Supaya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan dan lainya," pungkasnya.

Demikian informasi mengenai Pendopo Jaga Dipa. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: