Hindari Pinjol Ilegal yang Rugikan Finansial Kamu dengan Langkah Ini

Hindari Pinjol Ilegal yang Rugikan Finansial Kamu dengan Langkah Ini

Cara Terhindar Pinjol Ilegal yang Bisa Merugikan Finansial Kamu--freepik and personal editing By Canva

RADAR TEGAL - Kita tahu bahwa pinjaman online yang belum resmi punya banyak resiko. Untuk itu ada beberapa cara terhindar pinjol ilegal yang bisa merugikan kamu.

Ancaman dari pinjaman ilegal tentunya tidak main-main jika kamu masuk masa galbay. Cara menghadapi agar terhindar dari pinjol ilegal ini sangat mudah loh.

Beberapa langkah saja kamu akan bisa tahu cara terhindari dari pinjol ilegal. Apakah kamu saat ini sedang terjebak di dengan pinjaman online tidak resmi?

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang cara terhindar pinjol ilegal. Hindari jebakan pinjaman online yang bisa merugikan finansial kamu.

BACA JUGA:4 Ciri Pinjol Resmi OJK Punya Debt Collector Ramah, Nasabah Jangan Takut Lagi saat Mereka Datang

BACA JUGA:5 Pinjol Resmi OJK 2023 dengan Pilihan Bunga Rendah yang Cocok untuk Warga +62, Yuk Kepoin

Cara terhindar dari pinjol ilegal dengan langkah ini

1. Jangan asal kirim data

Data kamu sangat penting dan harus kamu lindungi. Untuk itu sebaiknya kamu jangan terlalu mudah memberikan data kepada pinjaman yang belum resmi.

Data yang kamu berikan bisa menjadi senjata untuk para debt collector mereka. Dan nantinya kamu akan terdesak oleh mereka untuk segera melakukan pembayaran.

2. Melakukan privasi akun media sosial

Sebagian debt collector ini tentunya mencari berbagai sumber dari nasabah galbay. Mereka biasanya akan mencari sumber dari sosial media.

Untuk itu kamu bisa melakukan privasi akun sosial media kamu. Atau kamu juga bisa menghapus data diri kamu di sosmed kamu.

BACA JUGA:7 Pinjol Resmi OJK Bunga Rendah Tak Perlu BI Checking, 5 Menit Dana Langsung Cair dan Siap Digunakan

BACA JUGA:5 Pinjol Resmi OJK 2023 Ini Ternyata Banyak Warga +62 Gunakan, Sudah Terbukti Aman Loh

3. Cara terhindar pinjol ilegal: Gunakan sistem keamanan ponsel

Selanjutnya, kamu bisa mengaktifkan sistem keamanan dari ponsel kamu. Sistem keamanan ini biasa adalah dengan pola, sidik jari, pin atau sensor wajah.

Hal ini untuk menghindari tindakan kriminal dari DC lapangan yang datang ke rumah. Hal ini juga bisa mengurangi serangan siber pada telepon kamu.

4. Cek legalitas pinjaman online

Sumber: