Disdukcapil Brebes Launching SiPercil untuk Permudah Pencatatan Barang Pengelolaan Ribbon dan Film

Disdukcapil Brebes Launching SiPercil untuk Permudah Pencatatan Barang Pengelolaan Ribbon dan Film

Tim efektif yang diketuai oleh Project Leader Nur Fahmi Atmojo, S.Si (kanan). Sekaligus, Kasubag Perencanaan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Brebes saat berfoto bersama usai launching Aplikasi SiPercil.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes melaunching Sistem Informasi Persediaan Disdukcapil (SiPercil), kemarin. Sosialisasi dan launching aplikasi itu dipimpin langsung oleh Kepala Disdukcapil Brebes Mayang Sri Herbimo.

Dalam acara sosialisasi yang dilakukan pada pukul 09.00 WIB itu, seluruh peserta yang hadir dan dapat mengikuti Sosialisasi dan pelatihan dengan baik. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes, Kamis 30 November 2023 lalu.

Bahkan, pada penghujung acara dilakukan pembagian kebutuhan ribbon dan film berdasarkan atas permohonan yang langsung di buat menggunakan Aplikasi SiPercil. Sistem ini Disusun oleh tim efektif yang diketuai oleh Project Leader Nur Fahmi Atmojo SSi. Sekaligus, Kasubag Perencanaan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Brebes

Menurut Fahmi Atmojo, sistem ini meripakan sistem pencatatan barang persediaan untuk mengoptimalkan pengelolaan ribbon dan film di Disdukcapil Kabupaten Brebes. Sistem ini adalah sistem online yang terintegrasi dari proses permohonan persetujuan pembuatan berita acara serah terima dan pembuatan laporan tentang penggunaan ribbon dan film untuk percetakan KTP elektronik.

"Dengan adanya aplikasi ini diharapkan adanya kemudahan dalam proses permohonan persetujuan dan pembuatan berita acara serah terima. Serta untuk meminimalisir kesalahan dalam penulisan," jelansya.

Selain itu juga, lanjut Fahmi, kemudahan dalam pembuatan laporan yang harus dibuat secara perpetual yaitu dibuat setiap ada transaksi penggunaan barang. dengan adanya sistem ini juga diharapkan adanya kemudahan dalam mengetahui stok ribbon dan film yang ada di Disdukcapil Kabupaten Brebes. 

"Tentu harpannya dapat memantu kinerja seluruh pehawai di lingkuntan Pemkab Brebes," pungkasnya.

Informainya, sosialisasi aplikasi ini dilakukan bersama dengan seluruh calon pengguna layanan di dinas dan kecamatan. Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sekretaris Dinas, Pejabat dan staf di lingkungan Dindukcapil, dan operator yang sudah ditetapkan sebagai petugas pengelola ribbon dan film di Disdukcapil Kabupaten Brebes.

Demikian informasi tentang launching SiPercil, yang merupakan pencatatan barang persediaan untuk mengoptimalkan pengelolaan ribbon dan film di Disdukcapil Kabupaten Brebes. (*)

Sumber: