5 Fakta Jasa Negosiator Utang Pinjol yang Harus Kamu Ketahui, No 4 Tidak Terduga

5 Fakta Jasa Negosiator Utang Pinjol yang Harus Kamu Ketahui, No 4 Tidak Terduga

5 Fakta Jasa Negosiator Hutang Pinjol yang Harus Kamu Ketahui!-pexels.com/AndreaPiacquadio-pexels.com/AndreaPiacquadio

RADAR TEGAL – Fakta jasa negosiator utang pinjol ini wajib kamu ketahui sebelum menggunakan jasa negosiator tersebut. Dengan begitu kamu bisa memutuskan dengan tepat apakah akan menggunakan jasa negosiator atau tidak dalam menghadapi utang pinjol.

Fintech peer-to-peer lending atau pinjol sendiri saat ini telah membuat proses peminjaman uang menjadi lebih mudah dan praktis. Namun pastinya ada resiko sendiri saat menggunakan pinjol, maka dari itu terkadang nasabah kesulitan dan mencari jasa negosiator utang pinjol.

Beberapa orang mungkin terjebak dalam kebiasaan meminjam uang dari beberapa pinjol sekaligus tanpa menyadari risikonya. Praktik ini seperti menggali lubang untuk menutup lubang sehingga menyebabkan utang menumpuk.

Salah satu solusi mengatasi masalah itu memang bisa menggunakan jasa negosiator utang pinjol yang tengah marak saat ini. Sayangnya, banyak fakta tidak terungkap dari jasa mereka.

BACA JUGA:Gak Mungkin Bebas dari Utang Pinjol! Ini Cara Jitu Melunasi Utang Tanpa Bayar Lebih

Lalu apa saja fakta jasa negosiator utang pinjol yang wajib kita ketahui? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Fakta jasa negosiator utang pinjol

Jasa negosiator utang pinjol adalah layanan yang membantu orang menyelesaikan masalah hutang pinjaman online mereka. Jasa ini bisa membantu bernegosiasi dengan perusahaan pinjaman online atau menangani penagih utang untuk membantu kamu mendapatkan keringanan cicilan sampai menghapus denda.

Mereka juga bisa membantu merestrukturisasi utang kamu agar lebih mudah untuk dibayar menyesuaikan dengan kondisi keuangan kamu. Namun penting untuk diingat bahwa menggunakan jasa negosiator utang pinjol biasanya membutuhkan biaya tertentu.

Maka dari itu sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan ini kamu harus memahami biaya yang dikenakan dan mengecek apakah jasa tersebut memiliki izin resmi serta reputasi yang baik. Simak berikut ini beberapa fakta jika menggunakan jasa negosiator utang pinjol.

BACA JUGA:Galbay Pinjol Ilegal Harus Segera Privat Sosmed agar 3 Teror Ini Tidak Terjadi

1. Jasa Negosiator Tidak Bisa Menghapus Utang Pinjol

Jika kamu berencana menggunakan jasa negosiator utang untuk menghapus utang-utang dari pinjol, penting untuk diingat bahwa peran jasa ini terbatas pada negosiasi dan restrukturisasi utang. Jasa negosiator tidak bisa menghapuskan utang online secara langsung.

Kamu harus berhati-hati pada penawaran jasa pihak ketiga yang mengklaim bisa menghapuskan utang pinjol dengan membayar sejumlah uang di muka. Maka dari itu penting bagi kamu untuk memahami tugas dan kewajiban jasa negosiator tersebut.

BACA JUGA:Debt Collector Pinjol Ilegal Tagih Nasabah Sampai ke Tempat Kerja, Begini Cara Ngadepinnya

2. Ada Biaya Jasa Negosiator

Biaya untuk menggunakan jasa negosiator utang pinjol cukup bervariasi, mirip dengan menggunakan seorang pengacara yang mengurus utang online. Biasanya kamu akan dikenakan biaya pendaftaran atau operasional, serta biaya untuk jasa pengacara yang berperan sebagai negosiator.

Biayanya bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan atau lembaga negosiator hutang yang akan kamu gunakan. Beberapa perusahaan mungkin menetapkan biaya pendaftaran atau administrasi mulai dari Rp100.000 sementara biaya untuk jasa negosiator (pengacara) biasanya dihitung sebagai persentase tertentu dari utang pokok yang kamu miliki misalnya mulai dari 15%.

3. Utang Pinjol Akan Tetap Berjalan

Saat menggunakan jasa negosiator ini biasanya mereka menawarkan untuk berhenti membayar angsuran karena klaimnya bisa melunasi utang pinjol kamu. Namun perlu diketahui saat kamu menggunakan jasa negosiator utang pinjol akan tetap berjalan dan jika menunggak maka akan muncul denda.

4. Perusahaan Pinjol Bisa Menolak Negosiasi

Penting untuk diingat bahwa perusahaan pinjaman online memiliki hak untuk menolak negosiasi utang yang diajukan oleh negosiator. Tidak ada jaminan bahwa negosiasi akan berhasil atau bahwa kamu bisa mendapatkan keringanan utang.

BACA JUGA:4 Cara Tepat dan Aman Kirim Foto Selfie KTP untuk Verifikasi Pinjol, Jangan Sampai Tersebar!

5. Ada Laporan Utang di PUSDAFIL dan Biro Kredit

Umumnya fintech pinjaman memiliki kebijakan untuk melaporkan informasi keterlambatan pembayaran dari para peminjam kepada kredit biro dan PUSDAFIL (Pusat Data Fintech Lending). Jika nama kamu sudah masuk laporan pada badan keuangan tersebut maka kemungkinan kamu akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman melalui lembaga keuangan lain di kemudian hari.

Itulah fakta jasa negosiator utang pinjol yang harus kamu ketahui untuk membuat keputusan tepat sebelum menggunakan jasa negosiator. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: