5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Pakai Modal Usaha dari Pinjol, Pelaku UMKM Wajib Tahu

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Pakai Modal Usaha dari Pinjol, Pelaku UMKM Wajib Tahu

5 kesalahan yang harus dihindari saat pakai modal usaha dari pinjol-freepik-

RADAR TEGAL – Ada 5 kesalahan yang harus dihindari saat pakai modal usaha dari pinjol. Para pelaku UMKM yang baru ingin membangun bisnisnya atau mengembangkan bisnis, wajib tahu hal-hal apa saja yang harus dihindari.

Kesalahan yang harus dihindari saat pakai modal usaha dari pinjol ini penting agar tidak terjerat hutang yang makin banyak. Alih-alih mendapatkan keuntungan penjualan, justru malah hanya berujung membayar hutang dalam nominal yang lebih besar.

Berikut 5 kesalahan yang harus dihindari saat pakai modal usaha dari pinjol. Pastikan Anda menyimak ulasan ini sampai akhir artikel.

5 kesalahan yang harus dihindari saat pakai modal usaha dari pinjol

Mengajukan pinjaman untuk membangun usaha memang tidak ada salahnya, namun penting halnya jika Anda memperhatikan sejumlah hal ini agar nantinya bisnis dan keuangan Anda tidak berantakan.

BACA JUGA : 7 Fitur di Aplikasi Pinjol Ini Jarang Diketahui, Padahal Bisa Bantu Bebas dari Hutang!

1. Ketergantungan penuh dengan pinjol

Jangan gantungkan sepenuhnya kebutuhan bisnis pada pinjaman online. Sebab, biar bagaimanapun pinjol memiliki suku bunga dan biaya lainnya yang harus dibayarkan.

Jika terlalu bergantung tanpa adanya rencana keuangan yang matang dan pendapatan yang jelas, maka bukan hal tidak mungkin nanti Anda justru terjerat hutang lebih banyak. Pertimbangkan sumber modal yang lebih bervariatif selain pinjol dan tentunya lebih aman.

2. Tidak memahami kebijakan pinjol

Kesalahan yang harus dihindari saat pakai modal usaha dari pinjol adalah tidak memahami kebijakannya dengan baik.

Tiap layanan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Hal ini termasuk suku bunga, tenor, denda, maupun biaya tambahan lainnya. Selain itu juga pahami persyaratan apa saja yang diminta, terlebih lagi jika mengajukan dalam limit yang tinggi. 

BACA JUGA : 4 Cara Terbebas dari Hutang Pinjol Paling Ampuh, Salah Satunya Bisa Manfaatkan Jasa Ini

Jangan buru-buru mengajukan pinjaman sebelum benar-benar memahami seluruh kebijakan pinjaman online tersebut.

Sumber: