Kenali Jenis dan Cara Kerja Mobil Hybrid, Ketahui Sebelum Membeli, Bukan Hanya Hemat BBM

Kenali  Jenis dan Cara Kerja Mobil Hybrid, Ketahui Sebelum Membeli,  Bukan Hanya Hemat BBM

Ilustrasi mobil hybrid--

RADARTEGAL.COM-Tekhnologi transportasi kian maju munculnya kendaraan mobil hybrid dikenal hemat bahan bakar. Lengkap dengan fitur-fitur canggih, maka dari itu kenali jenis dan cara kerja mobil hybrid sebelum membeli.

Hal menarik dari mobil hybrid penggunaan bahan bakar dengan memanfaatkan dua jenis bahan bakar dalam satu mobil, yakni motor listrik dan bensin.

Sistem Motor Penggerak             

Tidak hanya jenis bahan bakar mobil hybrid saja yang khas terdiri motor listrik dan bensin, tetapi sistem motor penggerak canggih bergantian pada kondisi tertentu.

Ketika kendaraan mobil bergerak kecepatan rendah sistem penggerak menggunakan motor listrik kemudian disaat baterai habis.

BACA JUGA:Alasan Kenapa Toyota Fokus ke Mobil Hybrid, Salah Satunya sebagai Strategi

Mobil akan beralih memakai bahan bakar bensin sebagai tenaga penggeraknya dan menariknya seluruh sistem kelistrikan mobil digerakkan oleh baterai pada motor listrik.

Dua sumber energi tersebut mampu menghasilkan efesiensi bahan bakar lebih baik yang pasti menambah performa mesin mobil lebih bertenaga dan efesiensi komsumsi bahan bakar.

Jenis Mobil Hybrid dan Cara Kerjanya

Ketika membeli mobil ini penting memahami jenis mobil hybrid dan cara kerjanya yang canggih. Pada dasarnya terbagi menjadi 3 jenis   memiliki ciri khas.

Ketiga jenis hybrid yakni mobil full hybrid,mobil plug-in hybrid dan mobil hybrid Toyota yang masing-masing mempunyai cirikhas dan cara kerjanya berbeda

BACA JUGA:Inilah Jenis Mobil Hybrid yang Dijual di Indonesia, Pabrikan Toyota Paling Banyak!

Mobil Full Hybrid

Jenis yang pertama berciri khas penggunaan bahan bakar bensin,sedangkan sumber energi tambahan berasal dari  motor listrik ketika kecepatan kendaraan rendah.

Cara kerja mobil full hybrid yang demikian tampaknya cocok digunakan saat berada dijalur lalu lintas macet. Ketika mobil kecepatan tinggi bahan bakar memakai bensin.

Namun kendaraan mulai terjebak macet dan mengerem fungsi motor listrik berubah menjadi penghasil daya listrik kemudian listrik yang dihasilkan disimpan di dalam baterai.

Mobil Plug-In Hybrid

Jenis mobil hybrid yang kedua disebut mobil Plug-In Hybrid yang cara kerjanya hampir sama dengan type hybrid lainnya.

BACA JUGA:Masih Ingin Beli Mobil Hybrid di Tahun 2023? Coba Pahami Dahulu Kelebihan dan Kekurangannya Disini

Sedangkan perbedaan yang perlu diketahui terletak pada kapasitas baterai lebih besar membuat mobil jenis ini mempunyai jangkauan jelajah luas dan jauh.

Hal menarik dari mobil Plug-In Hybrid dapat melakukan pengisian daya baterai di rumah, lantaran kapasitas baterai besar dan pasti bisa menjelajah jauh ke pelosok kota dengan aman.

3 Merk Mobil Hybrid Toyota

Brand ternama Toyota juga tidak kalah dalam inovasi mobil hybrid yang dikembangkan sebagai kendaraan pribadi atau keluarga AutoFamily.

Setidaknya ada 3 jenis mobil hybrid Toyota yang mungkin nani bisa dijadikan rekomendasi pilihan  keluarga yaitu Toyota New C-HR Hybrid produksi tahun 2019.

 

BACA JUGA:Ketahui Keunggulan Mobil Hybrid Sebelum Membeli, Harga Termurah Rp273 Juta Layak Dihalalkan?

Toyota New C-HR Hybrid

Pada tahun 2019 secara resmi merilis Toyota New C-HR Hybrid dengan keunggulan mesin 4 cylinder kemudian transmisi 7 speed CVT dengan 16 valve DOCH – VVT-i berkisar pada Rp.586 juta untuk OTR Jakarta.

Spesifikasi menarik lainnya dilengkapi interior elegan kemudian fitur keamanan seperti adaptive cruise control atau lane departure alert hingga fitur hiburan.

Innova Zenix Hybrid EV

Rekomendasi kedua adalah Innova Zenix Hybrid EV yang mempunyai seater MPV dan jenis transmisi CVT kemudian kapasitas mesin 1987 CC.

Fitur keselamatan juga lengkap dengan Pre-Collision kemudian Anti Lock Braking System, Brake Assistm.

BACA JUGA:Yuk Intip Kelemahan dan Kelebihan Mobil Hybrid Sebelum Membeli

Selain itu ada juga fitur Toyota Safety Sense dan Lane Trancing Assist dan tidak ketinggalan pula fitur Electric Brake Distribution yang canggih.

Toyota All New Corolla Hybrid

Rekomendasi mobil Toyota hybrid berikutnya tidak kalah keren yaitu Toyota All New Corolla Hybrid yang dilengkapi mesin 4 cylinder in-line.

Di samping itu juga ada tehnologi DOHC WT-i 16 valve dengan kapasitas 1798 cc dan torsi maksimum 14.5/3.600 kgm/rpm.

Desain Toyota All New Corolla Hybrid memang keren yang tampil classy dengan kabin luas dan aman kemudian fitur hiburan mendengarkan musik lewat bluetooth mengasyikkan.

BACA JUGA:Review Suzuki New XL7: Menjadi Mobil Hybrid Terbaik dengan Fitur Canggih

Jenis kendaraan bermacam-macam mempunyai kelebihan masing-masing seperti mobil hybrid dan masih merasa ragu ketika memilih berikut keunggulan perlu diketahui.

Suara dan Getaran Halus

Hal menarik keunggulan mobil hybrid terletak pada bagian getaran maupun suara halus yang minim lantaran pakai baterai baru kemudian mesin bensin.

Atau dengan kata lain ketika mobil hybrid berjalan pada suatu tempat suaranya minim dan halus karena memakai baterai sampai habis baru setelah itu mesin bensin berjalan.

Kondisi demikian tentu memberikan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpangm terutama saat berada di jalanan yang macet.

BACA JUGA:Terbaru! Daftar Motor Honda Per Desember 2023 Beserta Harganya

Ramah Lingkungan

Tidak hanya suara dan getaran yang halus melainkan juga ramah lingkungan karena kendaraan tidak menyebabkan polusi udara.

Penggunaan  dua sistem mesin yakni bahan bakar konvensional dan motor listrik berpengaruh pada lingkungan.

Kemudian dari sinilah asap sisa pembakaran dihasilkan lebih sedikit tidak berbeda dengan kendaraan berbahan bakar bensin

Kesimpulan

Kendaraan mobil hybrid dikenal hemat bahan bakar dengan fitur-fitur canggih, maka dari itu kenali jenis dan cara kerja mobil hybrid sebelum membeli.

BACA JUGA:Walaupun Irit Bahan Bakar, Wajib Teliti Saat Merawat Mobil Hybrid Anda

Karena pada dasarnya mobil hybrid terdiri 3 jenis yaitu mobil full hybrid dengan ciri khas penggunaan bahan bakar bensin.

Kemudian mobil Plug-In Hybrid yang cirikhasnya mempunyai kapasitas baterai besar dan  jenis ketiga yakni mobil hybrid Toyota dengan keunggulan antara lain ramah lingkungan.

Itulah tadi  kenali jenis dan cara kerja mobil hybrid sebelum membeli yang ternyata terdiri dari bermacam jenis dan ramah lingkungan. (*)

Sumber: