Yuk, Kenali Jasa Pelunasan Pinjol dan Resikonya

Yuk, Kenali Jasa Pelunasan Pinjol dan Resikonya

Apa Itu Jasa Pelunasan Pinjol dan Kenali Resikonya -pexels.com/KarolinaGrabowska-pexels.com/KarolinaGrabowska

RADAR TEGAL - Jasa pelunasan pinjol sedang menjadi perbincangan hangat belakang ini, karena disebut bisa digunakan sebagai alternatif untuk melunasi tunggakan pinjol yang menumpuk. Dengan layanan ini nasabah bisa lebih mudah melunasi tagihan cicilan pinjol apalagi jika utang sudah bertambah dan bunga semakin besar.

Umumnya cara kerja jasa pelunasan pinjol ini hampir sama dengan joki galbay pinjol yang diklaim bisa membantu nasabah melunasi utang pinjol mereka. Tawarannya memang menarik, namun sebelum menggunakannya kamu perlu mempelajari terlebih dahulu apakah jasa ini aman dan bisa menjadi solusi efektif untuk menghindari risiko gagal bayar.

Sebelum menggunakan jasa tersebut kamu harus mengetahui apakah penggunaan jasa pelunasan pinjol merupakan langkah yang tepat dan bisa memberikan solusi aman untuk melunasi hutang. Baca selengkapnya penjelasan berikut ini agar kamu bisa menentukan keputusan terbaik untuk menyelesaikan masalah keuangan kamu.

Apa Itu Jasa Pelunasan Pinjol

Jasa pelunasan pinjol merupakan layanan yang menawarkan bantuan untuk membayar utang pinjol dengan cara yang lebih mudah dan nyaman. Biasanya pihak yang menawarkan layanan ini akan membantu proses pelunasan dengan nominal yang lebih kecil dibandingkan dengan jumlah kredit sebenarnya.

BACA JUGA:Satu Trik Ampuh untuk Membuat DC Pinjol Tidak Berani Menagih Hutang Lagi

BACA JUGA:Tak Perlu Takut Dikejar DC Lagi, Ketahui 3 Cara Bebas dari Utang Pinjol

Layanan ini menyatakan bahwa mereka akan langsung membayar utang pinjol kamu kepada pihak pinjol, sehingga kamu tidak perlu lagi berurusan langsung dengan mereka. Pemilik jasa juga biasanya mengklaim kamu akan terbebas dari potensi ancaman debt collector.

Dengan memanfaatkan jasa ini kamu bisa meraih beberapa keuntungan, seperti melunasi utang pinjol dengan bunga yang lebih rendah dan wajar sehingga bisa menghemat uang. Selain itu kamu juga bisa memilih tenor atau jangka waktu pelunasan sesuai dengan kemampuan.

Apa Jasa Pelunasan Pinjol Aman Digunakan?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan pelunasan pinjol, penting untuk memahami tingkat keamanannya. Daripada memberikan legalitas atau dukungan, OJK justru menyarankan masyarakat untuk berhati-hati pada aktivitas cara pelunasan utang pinjol dengan jasa tersebut.

Hal ini karena layanan jasa pelunasan ini mempunyai potensi untuk melakukan penipuan pada para penggunanya. Menurut Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, jika seseorang mengalami kesulitan melunasi pinjaman, mereka sebaiknya mengajukan restrukturisasi.

BACA JUGA:Solusi Keuangan Selain Pinjol, Ini Syarat Gadai BPKB Mobil di Pegadaian yang Mudah dan Cepat Cair

BACA JUGA:Nasabah Galbay Wajib Tahu Kapan Denda Pinjol Akan Berhenti

Maka dari itu solusi terbaik untuk pelunasan utang pinjol tetap adalah dengan membayar hutang tepat waktu. Jika ada kendala dalam melunasi, sebaiknya mencari opsi restrukturisasi dengan niat baik, demikian penjelasan dari Friderica Widyasari Dewi, yang akrab dipanggil Kiki.

Risiko Menggunakan Jasa Pelunasan Pinjol

Karena mendapat himbauan larangan dari OJK, jasa pelunasan pinjol ini disebutkan mempunyai beberapa resiko. Diantaranya adalah berikut ini resko jika menggunakan jasa pinjol untuk melunasi hutang dengan cepat:

1. Penyalahgunaan Data Pribadi

Saat menggunakan jasa pelunasan pinjaman online biasanya kamu harus memberikan data pribadi kepada pihak ketiga. Dengan memberikan data ini, oknum penyedia layanan memiliki akses penuh terhadap informasi pribadimu dan berpotensi menyalahgunakannya.

2. Biaya Tambahan yang Tidak Terduga

Jasa pelunasan pinjaman online biasanya membebankan biaya tambahan sebagai imbalan atas layanan mereka. Beberapa oknum mungkin menawarkan bantuan pelunasan cicilan dengan biaya yang lebih rendah, namun biaya tersebut biasanya di luar dana yang seharusnya dibayar oleh nasabah.

BACA JUGA:Cukup Lewat Smartphone, Ini 4 Cara Hapus Data Pinjol Saat Terlanjur Mengisi Tetapi Tak Jadi Didaftarkan

BACA JUGA:Apakah Syarat Pinjol Hanya KTP? Ternyata Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

3. Ketergantungan pada Pihak Ketiga

Menggunakan jasa pelunasan pinjaman online berarti kamu akan bergantung pada pihak ketiga untuk mengatur pembayaran hutangmu. Namun belum tentu layanan tersebut terpercaya dan aman untuk digunakan.

Risiko terburuknya adalah kamu bisa menjadi korban penipuan oleh oknum penyedia jasa pelunasan tersebut. Bisa jadi nantinya justru kamu yang malah diperas habis-habisan oleh oknum jasa pelunasan pinjaman online yang berniat menipu dari awal.

Dalam menghadapi masalah keuangan memang harus selalu berhati-hati untuk mengambil keputusan. Dengan mengetahui apa itu jasa pelunasan pinjol sekarang kamu mengetahui apakah aman untuk menggunakan jasa tersebut untuk melunasi hutang yang menumpuk di aplikasi pinjol.(*)

Sumber: