Bahaya Pinjaman Online Meresahakan Orang, Terbukti Penyebab Masyarakat Sangat Terlilit Hutang

Bahaya Pinjaman Online Meresahakan Orang, Terbukti Penyebab Masyarakat Sangat Terlilit Hutang

Bahayanya Berhutang--

RADAR TEGAL - Di Indonesia semakin marak dengan fenomena atau hal yang terjadi di sekitar seperti pinjaman online (pinjol) dan buy now pay later (BNPL). Jadi fenomena tersebut terkadang jarang memicu munculnya pinjol-pinjol ilegal.

Telah dijelaskan oleh Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core), Piter Abdullah bahwa saat ini telah maraknya penggunaan pinjol terlihat dari situasi yang mendesak atau masyarakat sangat membutuhkan dana yang mendesak.

"Kalau masyarakat Indonesia sudah memiliki banyak kasus yang berutang dikarenakan keadaan dan kondisi. Jadi, banyak yang berutang itu karena banyak orang merasa terdesak dengan kondisinya mereka tidak punya tujuan, tidak punya pilihan, tidak punya tempat berutang, untuk tumpuan dia tuh enggak ada," katanya 

BACA JUGA:Bahaya Pinjol Ilegal yang Kerap Tidak Disadari Peminjamnya, Hindari Jeratan Utang Galbay Sedini Mungkin

BACA JUGA:3 Cara Bebas Hutang Pinjol Tanpa Membayar Sepeser pun, Gak Perlu Takut Dikejar-kejar DC Lapangan

Tujuan Masyarakat Terlilit Hutang

Dijelaskan juga menurutnya, memang ada sebagian orang memiliki hutang dengan tujuan mencari keuntungan, tapi lebih banyak dengan tujuan saat itu adalah mendesak. Saat kondisi tersebut muncul para jasa pinjol bermunculan menawarkan dana dengan fasilitas yang ada.

"Misal, anak sakit, orang tua sakit, nggak punya uang. Saat kondisi seperti ini nggak memikirkan apa-apa. Bagaimana anak ke dokter, bagaimana ibu kita ke dokter. Posisinya begitu ada orang yang menawarkan, mau bunganya tinggi atau segala macam, ya nggak peduli. Yang penting anak saya ke rumah sakit dulu," jelasnya.

Terdapat penyebab lain yang dikarenakan tidak terbukanya kepada keluarga, teman, atau tetangga bahwa memiliki masalah. Menurutnya, masyarakat terkadang merasa malu meminjam uang ke kerabat terdekat. Hal ini juga disetujui oleh Perencana Keuangan Andy Nugroho.

BACA JUGA:Ingat! Utang Pinjol Tidak Bisa Hangus, Cek 5 Fakta Pinjol Legal Sebelum Mengajukan Pinjaman

BACA JUGA:Anti Gagal, Utang Pinjol Puluhan Juta Bisa Lunas dengan Cara Sederhana Ini

Memang tidak dipungkiri bahwa masyarakat merasa tidak enak dan perlu mengumpulkan keberanian dengan mental yang kuat. Bahkan siap-siap dijadikan bahan omongan tetangga lainnya.

"Sebenarnya kalau bicara tentang pinjam duit yang paling aman, kalau seandainya dia udah bayar ya paling aman ya pasti ke orang tua, relasi, saudara, pasti aman lah. Cuma masalahnya adalah kalau kita pinjam ke orang-orang tersebut pasti dijulidin gitu," jelasnya.

Bayar Hutang Jika Berniat Hutang 

Sumber: