Pertimbangkan 8 Hal Penting Ini Sebelum Jual Aset untuk Lunasi Pinjol, Jangan Sampai Menyesal

Pertimbangkan 8 Hal Penting Ini Sebelum Jual Aset untuk Lunasi Pinjol, Jangan Sampai Menyesal

Ilustrasi. 8 hal penting sebelum jual aset untuk lunasi pinjol-freepik-

Periksa jenis aset yang akan Anda gunakan untuk melunasi hutang pinjol. Seberapa penting aset tersebut dalam kehidupan sehari-hari atau nilai jual yang bisa didapatkan.

Pastikan bahwa setelah menggadaikan aset tersebut, Anda tidak menyesal di kemudian hari karena masih membutuhkannya.

4) Alternatif lain

Selain menjual aset berharga untuk melunasi cicilan pinjol, Anda juga bisa coba pertimbangkan alternatif lain. Entah itu mencari pinjaman tanpa bunga atau sejenisnya.

5) Pajak

Hal yang harus dipahami berikutnya sebelum jual aset untuk pinjol yaitu kewajiban pajaknya. Biasanya penjualan aset bisa membuat kewajiban pajak yang signifikan. Sebelum itu, Anda bisa konsultasikan lebih dulu dengan ahli pajak terkait hal ini. 

BACA JUGA : Cukup Lewat Smartphone, Ini 4 Cara Hapus Data Pinjol Saat Terlanjur Mengisi Tetapi Tak Jadi Didaftarkan

6) Tenor pembayaran

Hal penting sebelum jual aset untuk lunasi hutang pinjol berikutnya adalah jangka waktu pembayarannya. Pastikan Anda memiliki rencana pembayaran yang detail, agar uang dari hasil jual aset bisa dialokasikan dengan baik.

7) Lakukan negosiasi

Sebelum memberikan aset berharga, Anda bisa coba lakukan negosiasi dengan pihak pinjol untuk keringanan bayar. Entah itu dengan menurunkan bunga atau memperpanjang jangka waktu pembayaran.

8) Konsekuensi jangka panjang

Ketahui juga risiko atau konsekuensi jangka panjang setelah Anda memutuskan menjual aset berharga untuk melunasi pinjol. Ketahui apakah hal tersebut akan merugikan atau semacamnya.

Kesimpulan

Ada sejumlah hal penting yang harus diketahui sebelum menjual aset untuk membayar pinjol. Mulai dari evaluasi keuangan lebih dulu, menilai seberapa penting aset tersebut, sampai mempertimbangkan konsekuensi jangka panjangnya.

Sumber: