Rumah Sakit Kardiologi Emirates-Indonesia Mulai Dibangun, Pj Gubernur Jateng Letakan Batu Pertama Pembangunan

Rumah Sakit Kardiologi Emirates-Indonesia Mulai Dibangun, Pj Gubernur Jateng Letakan Batu Pertama Pembangunan

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia, Abdullah Salem Obeid Al Dhaheri, dan Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa saat peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Emirates--Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Uni Emirat Arab membangung rumah sakit Kardiologi di Solo Jawa Tengah. Peresmian pembangunan Rumah Sakit Kardiologi Emirates-Indonesia di Solo Technopark, Kecamatan Jebres, Surakarta itu dilaksanakan, Senin, 27 November 2023. 

Peresmian ditandai dengan pelatakan batu pertama yang dilakukan oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia, Abdullah Salem Obeid Al Dhaheri, dan Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa. 

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana menyampaikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo, pemerintah Uni Emirat Arab, dan pemerintah Kota Surakarta yang telah merealisasikan pembangunan rumah sakit seluas dua  hektar tersebut.  

Dikatakan Nana, hingga kini Jawa Tengah memang masih membutuhkan layanan kesehatan khusus kardiologi. Sebab, saat ini hanya memiliki 15 layanan jantung invasif atau cathlab yang sudah terkoneksi dengan layanan BPJS Kesehatan.

BACA JUGA:Polda Jateng Siagakan 22 Ribu Pasukan Kawal Kampanye Pemilu 2024 yang Akan Dimulai Besok

"Ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya, mengingat tadi disampaikan Pak Menkes, bahwa banyak masyarakat kita yang meninggal karena jantung dan stroke," tutur Nana.

Penyakit jantung dan stroke, lanjut dia, membutuhkan kecepatan penanganan. Maka, semakin banyak fasilitas kesehatan  yang menangani jantung, semakin besar pula peluang pasien untuk selamat.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menambahkan, Rumah  Sakit Kardiologi Emirat Indonesia ini nantinya berstandar internasional. Sehingga, bisa melayani pasien dari berbagai daerah. 

Saat ini yang perlu disiapkan adalah tenaga dokter spesialis jantung. Pihaknya menginginkan ada tenaga dokter permanen yang praktek di rumah sakit tersebut.

BACA JUGA:Besok Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Begini Pesan Pj Gubernur Jateng

"Jadi izin dokter spesialis itu ada di pemerintah daerah. Saya titip ke Pak Wakil Walikota dan Pak Pj Gubernur, kalau bisa dicarikan lulusan terbaik dari Solo, agar mau bekerja secara full time di rumah sakit ini. Karena kebanyakan rumah sakit- rumah sakit kita dokternya tidak permanen," ungkapnya. (*)

Sumber: