5 Mitos Paling Terkenal di Tegal, Benarkah Terdapat Peti Emas Peninggalan Belanda?

5 Mitos Paling Terkenal di Tegal, Benarkah Terdapat Peti Emas Peninggalan Belanda?

Mitos Paling Terkenal di Tegal--

RADAR TEGAL – Mitos terkenal di Kota Tegal berikut ini telah menyelimuti Tegal di balik keindahannya. Seperti yang Anda ketahui bahwa Kota Tegal kaya akan kuliner lezat sekaligus penuh dengan cerita mistis yang menghantuinya.

Legenda-leganda di Tegal juga tersebar luas di seluruh penjuru kota maupun kebupaten. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan.

Mitos terknal di Kota Tegal ini biasanya mengenai dengan tempat-tempat tertentu, entah itu  alamiah ataupun peninggalan bersejarah.

Tempat-tempat tersebut akan dibahas pada artikel ini. Sudah penasaran bukan kisah mistis apa saja yang menyelimuti kota Tegal? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Telusuri Misteri dan Mitos di Puncak Gunung Aseupan: Terdapat Makam Tak Bernama

5 Mitos di Tegal

1. Keagungan Curug Putri

Tahukah Anda bahwa tidak sedikit mitos yang beredar mengenai Curug Putri ini. Salah satunya, sebagai salah satu tempat beristirahat para bidadari sebelum Mereka naik ke surga.

Beberapa orang juga telah mengaku melihat sosok raksasa bersayap di sekitar curug. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan apakah nyata atau sekadar cerita, semuanya bergantung pada keyakinan masing-masing.

BACA JUGA: Mitos Jaka Poleng, Pahlawan yang Tak Bisa Dilupakan Warga Brebes

2. Jembatan Bersejarah Brug Abang

Di Tegal terdapat jembatan bernama Brug Abang di Desa Talang, Tegal. Beragam legendda menyelimuti tempat ini.

Adapun mitos yang paling populer yakni mengenai oembuangan ayam. Konon katanya, jembatan ini dulunya menjadi tempat eksekusi bagi para koruptor yang terkenal sebagai tragedi kutil.

Pasangan yang menginjakan kaki di hembatan ini juga diketahui akan mengalami kegagalan dalam pernikahan Mereka.

Oleh karena itu, Mereka harus saling mendukung pada saat melewati jembatan ini.

BACA JUGA: Diyakini Menjadi Sosok Pelindung Brebes, Begini Mitos Jaka Poleng

3. Peristiwa Tragis di Danau Beko

Danau Beko sempat menjadi wisata paling terkenal di Tegal. Terdapat peristiwa tragis di danau ini yakni adanya kecelakaan yang berakibat pada terbentuknya danau ini.

Para korban diketahui terperangkap di  dasar danau yang mencapai kedalaman 8 meter. Mereka merupakan paa penambang yang terjatuh akibat longsor.

4. Patung Naga dan Rahasia Guci

Siapa yang tidak mengenal Guci. Ya, Guci sangat populer di wilayah Tegal. Namun tahukah Anda bahwa kabarnya terdapat sebuah patung yang memiliki kisah tersendiri, lho.

Dikatakan bahwa penghuni patung tersebut merupakan pengikut dari Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan.

Nah, apakah Anda termasuk yang mempercayai mitos ini?

BACA JUGA: Desa Bojong Tegal: Mitos, Sejarah, dan Legenda

5. Sejarah Tersembunyi Pabrik Gula Pangkah

Pabrik Gula Pangkah diketahui mempunyai sejarah panjang yang menarik. Tempat ini digunakan sebagai tempat untuk memproduksi gula pada masa penjajahan,

Muncul juga cerita mengenai sebuah lokomotif tua yang mampu berjalan sendiri. Legenda juga mnceritakan mengenai adanya peti emas milik pejabat Belanda, yang konon para pekerja harus mengambil upah mereka sendiri.

Namun, apabilasesorang pekerja tidak jujur dan mengambil lebih banyak uang. Maka  uang tersebut akan secara ajaib kembali ke dalam kotak.

BACA JUGA: 6 Mitos Gunung Slamet, Ada Apa dengan Namanya?

Demikian sederet mitos terkenal  di Tegal beserta cerita mistisnya. Temukan kisah seru lainnya hanya  di radartegal.disway.di. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: