Ekskul SMK BPD Tegal Tidak Kaleng-kaleng, Sarat Prestasi Hingga Tingkat Nasional

Ekskul SMK BPD Tegal Tidak Kaleng-kaleng, Sarat Prestasi Hingga Tingkat Nasional

JUARA 1 - Kepala SMK BPD Kabupaten Tegal Sarwo Edy Pranoto bersama Waka Kesiswaan Sujatno dan peraih prestasi Aziz Arya Saputra menunjukkan piala Juara 1 Kejuaraan Karate.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

"Kita awalnya melakukan seleksi dulu. Tinggi, berat badan dan kesehatannya. Kebetulan Aziz yang lolos seleksi," kata Sujatno, yang juga menjabat sebagai waka kesiswaan SMK BPD ini.

Setelah lolos seleksi, lanjut Sujatno, Aziz wajib mengikuti pelatihan sebanyak 4 kali pertemuan dalam seminggu. Selain itu, Aziz juga dikarantina sebelum bertanding. 

BACA JUGA: Ciptakan Generasi Berkesinambungan, SMK Peristek Pangkah Sertijab Pengurus OSIS

Makanan dan istirahatnya juga harus benar-benar dijaga. Menurut Sujatno, setelah melalui proses yang panjang, Aziz berhasil mengharumkan nama baik SMK BPD di tingkat Bregas (Brebes, Tegal, Slawi).

"Prosesnya memang melelahkan, tapi lelah ini terbayarkan dengan hasil yang gemilang. Bravo untuk SMK BPD," tegas Sujatno sembari mengepalkan telapak tangannya.

Guru mata pelajaran Matematika ini menuturkan, sebenarnya ekskul di SMK BPD tidak hanya karate. Ada juga Pramuka, Paskibra, PKS, PMR, Hadroh, Pencak Silat, Paduan Suara, Voli, Basket, Theater, Tari dan Multi Media.

Menurut Sujatno, hampir semua pelajar yang mengikuti ekskul tersebut, pernah mendulang prestasi. Baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

BACA JUGA:Implementasikan Kurikulum Merdeka, SMK YPT Tegal Gelar Pemilihan Ketua Ospram-PMR Mirip Pemilu Beneran

Dia merilis, di tahun 2023 ini, anak didiknya berhasil meraih juara 3 lomba Rebana dan MTQ tingkat SMA/SMK se Jateng. Juara 2 lomba Tari dalam rangka Bupati Tegal Tilik Desa. Juara 1 lomba Multi Media High School Video Competition.

Juara 1 dan 2 lomba Pencak Silat Dindik V se Jateng dan Jabar. Kemudian menjadi peserta Giat Perkemahan Bakti Saka Wira Kartika Tingkat Nasional dan menjadi Pasukan Pengibar Bendera di Kabupaten Tegal pada 17 Agustus 2023.

Sementara pada 2022, siswanya berhasil meraih Kontingen PMR Terbaik 1 tingkat Kabupaten Tegal. Juara 2 Your Station Materi Donor Darah. Juara Umum lomba ketangkasan baris berbaris (LKBB).

Kemudian Juara 2 lomba kompetensi siswa (LKS) Teknik Audio Video. Juara 2 LKS Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif. Juara 1 LKS Teknik Komputer dan Jaringan.

"Itu baru beberapa prestasi saja, lainnya masih banyak," tutupnya. (ADV)

Sumber: