Implementasikan Kurikulum Merdeka, SMK YPT Tegal Gelar Pemilihan Ketua Ospram-PMR Mirip Pemilu Beneran

Implementasikan Kurikulum Merdeka, SMK YPT Tegal Gelar Pemilihan Ketua Ospram-PMR Mirip Pemilu Beneran

Guru, karyawan dan siswa menuangkan hak suaranya dalam pemilihan Ketua Ospram-PMR SMK YPT Tegal yang digelar mirip Pemilu.-Adi Mulyadi-

RADAR TEGAL - SMK YPT Kota Tegal menggelar Pemilihan Ketua OSIS, Pramuka, dan PMR (Ospram-PMR), Senin 20 November 2023. Kegiatan yang dilangsungkan di halaman sekolah itu digelar mirip dengan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) sebenarnya.

Kepala SMK YPT Kota Tegal Moh. Sultoni SPd MSi mengatakan, pihaknya sengaja menggelar pemilihan ketua OSIS, ketua Pramuka dan Ketua PMR mirip dengan Pemilu yang sebenarnya. Ini merupakan implementasi dari Kurukilum Merdeka yakni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema 'Suara Demokrasi'.

Selain itu, juga untuk memperkenalkan kepada siswa bagaimana sistem Pemilu di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tak kalah penting, sambung Sultoni, turut menyosialisasikan dan mensimulasikan Pemilu 2024.

Sebab tidak sedikit dari siswanya merupakan pemilih pemula yang akan mengikuti pesta demokrasi pada Pemilu 2024 mendatang. "Jadi melalui ajang pemilihan ketua Ospram-PMR, SMK YPT membatu KPU menyosialisasikan dan mensimulasikan pelaksanaan Pemilu 2024," ungkapnya disela-sela kegiatan.

BACA JUGA:Ternyata Ini Keistimewaan Kegiatan P5 SMK YPT Tegal hingga Ditinjau Langsung Dinkop UMKM Jateng

Lebih jauh Sultoni membeberkan, proses pelaksanaan pemilihan ketua Ospram-PMR diawali dengan seleksi bakal calon, penetapan calon dan kampanye calon.

Kampanye dilakukan dengan cara calon blusukan ke kelas-kelas untuk menyampaikan visi misi mereka, pada Kamis 16 November 2023. Selain kampanye, mereka juga memasang poster-poster di lingkungan sekolah.

"Nah hari ini, Senin 20 November, proses pencoblosannya. Setelah sebelumnya di awali dengan pembukaan dan penyampaian visi misi calon di hadapan langsung para pemilih yang terdiri dari 80 orang guru dan karyawan, serta 750 siswa kelas X, XI, dan XII," katanya.

Sultoni menjelaskan, ada 3 calon untuk masing-masing organisasi. Maksudnya pemilihan ketua OSIS diikuti 3 calon, Pramuka 3 calon dan PMR 3 calon. Adapun pemilih mencoblos 3 kali dalam satu surat suara yang berisi gambar dari masing-masing calon tersebut.

BACA JUGA:Khidmat! Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Kepala SMK YPT Kota Tegal

"Jadi pemilih noblos 3 kali di satu surat suara. Yakni 1 untuk ketua OSIS, 1 untuk Pramuka dan 1 coblosan untuk PMR," jelasnya.

Sultoni menambahkan, cara pemilihan ketua OSIS, Pramuka dan PMR menyerupai pemilu yang sebenarnya, baru kali kedua ini dilaksanakan di sekolah. 

"Hanya saja saat pelaksanaan yang pertama cuma memilih ke OSIS. Dan sekarang memilih 3 ketua organisasi langsung, yakni Ospram-PMR."

Sumber: