Dinsos Kabupaten Tegal Siapkan Rangkaian Kegiatan Hari Disabilitas Internasional 2023

Dinsos Kabupaten Tegal Siapkan Rangkaian Kegiatan Hari Disabilitas Internasional 2023

Dinas Sosial menggelar rapat persiapan peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 di Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Upaya mematangkan persiapan peringatan HDI atau Hari Disabilitas Internasional 2023 dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal. Rencananya puncak peringatan HDI tahun ini akan digelar 13 Desember 2023 di Pendopo Amangkurat Setda Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Sosial Iwan Kurniawan melalui plt sekretaris dinas NA Hakim didampingi Kabid Rehabsos Makmur menyatakan, seperti tahun sebelumnya, rangkaian peringatan HDI akan diawali dengan acara longmarch. 

"Longmarch akan dilakukan digaris start depan Brigrif 4 Dewaratna menuju Pendopo Amangkurat, dengan iringan drumban dan hadrad dari SLB Manuggal Slawi dan SLB Negeri," ujarnya Jumat 24 November 2023.

Setelah longmarch akan dilanjutkan dengan senam bersama berikut beragam atraksi penampilan dari penyandang disabilitas. 

BACA JUGA:Era Digital, Dinsos Minta Tagana Mampu Kelola Informasi Kebencanaan di Kabupaten Tegal

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Bersiap Bangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

"Nantinya juga akan ada testimoni succes strory yang akan disampaikan atlet Sabrina dan Banyu Aji, serta Sofi yang saat ini menjadi wirausaha batik ciprat, dan Adi Santoso mentor elektronik, berikut Indra Era Vani sebagai pengusaha bambu," cetusnya.

Di kegiatan peringatan HDI tahun ini, Dinas Sosial juga kan memberikan penghargaan berupa Inklusi Award dan Trengginas Award. 

"Penghargaan Inklusi Award akan diberikan pada insan yang selama ini peduli penyandang disabilitas. Seperti penyedia layanan atau lembaga, institusi maupun yayasan, untuk perorangan diberikan pada wirausaha dan atlet, perusahaan, penyandang disabilitas, dan desa," ungkapnya.

Sementara penghargaan kategori Trengginas Award  merupakan penghargaan dan apresiasi terhadap relawan Dinas Sosial seperi PSKS yang didalamnya terdapat TKSK, IPSM, PKH, Katar, dan Tagana. (adv) 

Sumber: