Disperintransnaker Kabupaten Tegal Pacu Peningkatan Produktifitas Tenaga Kerja

Disperintransnaker Kabupaten Tegal Pacu Peningkatan Produktifitas  Tenaga Kerja

Bidang Latihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disperintransnaker Kabupaten Tegal membedah materi peningkatan produktifitas tenaga kerja.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Memasuki hari kedua pelaksanaan pengukuran kompetensi dan produktifitas tenaga kerja, Disperintransnaker Kabupaten Tegal memberikan materi terkait pengantar produktifitas kepada 15 peserta dari unsur pengusaha dan pekerja.

Kepala Disperintransnaker, Riesky Trisbiyantoro melalui Kabid Pelatihan Produktivitas Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Sri Handayani, didampingi Sub Koordinator Pelatihan Tenaga Kerja Sarwoko menyatakan bahwa unsur-unsur produktifitas diantaranya efisien, efektif, dan kualitas. 

"Sedangkan manfaat dari peningkatan produktifitas  secara nasional adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi, kemampuan bersaing khususnya dalam perdagangan internasional, dan menjadi alat bantu merumuskan kebijakan dalam perencanaan dan pembangunan ," ujarnya Kamis 23 November 2023. 

Sementara manfaat peningkatan produktifitas bagi perusahaan, kata dia, diantaranya memperkuat daya saing perusahaan. Menunjang kelestarian dan perkembangan perusahaan, terwujudnya hubungan industrial yang baik dan terciptanya perluasan lapangan kerja. 

BACA JUGA:UMK Kabupaten Tegal 2024 Diusulkan Naik 4,03 Persen, Disperintransnaker: Usulan Sudah Sampai Bupati

BACA JUGA:Disperintransnaker Kabupaten Tegal Lakukan Pengukuran Produktifitas Tenaga Kerja, Ternyata Ini Sasarannya

"Dan bagi individu dalam hal ini pekerja peningkatan produktifitas  bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan dan jaminan sosial. Peningkatan harkat dan martabat serta pengakuan potensi individu, dan peningkatan motivasi kerja serta keinginan berprestasi," cetusnya.

Pihaknya juga merinci terkait faktor yang mempengaruhi produktifitas tenaga kerja. Di antaranya pendidikan dan pelatihan, sikap mental, motivasi, gizi kesehatan, penghasilan, lingkungan kerja, teknologi, jaminan sosial ,hingga kesempatan berprestasi. 

"Produktivitas dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif.  Biaya tenaga kerja biasanya mencakup sebagian besar total biaya produksi.  Tenaga kerja yang lebih produktif memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak output menggunakan jumlah tenaga kerja yang sama. Jadi, produktifitas yang tinggi membuat biaya operasi menjadi rendah. Karena berbiaya rendah, perusahaan memperoleh keuntungan lebih tinggi bahkan ketika menetapkan harga jual di rata-rata industri," ungkapnya. (adv) 

Sumber: