Beri Media Siswa Lakukan Penelitian, Disdikbud Kabupaten Tegal Gelar LPSN SMP 2023

Beri Media Siswa Lakukan Penelitian, Disdikbud Kabupaten Tegal Gelar LPSN SMP 2023

Sekretaris Disdikbud Kabupaten Tegal berikan apresiasi pada juara LPSN SMP 2023.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdkbud) Kabupaten Tegal mengulirkan Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) SMP tingkat Kabupaten Tegal tahun 2023. Tujuan dari kegiatan lomba tersebut sebagai media siswa untuk melakukan kegiatan penelitian yang diarahkan pada pengembangan IPTEK.

Kepala Disdikbud Fakihurochim SSos MM melalui sekretaris dinas, Winarto SE MM menyatakan, kegiatan penelitian tersebut ditulis dalam makalah ilmiah untuk dijadikan bahan penilaian dalam kompetisi, guna mendapatkan karya terbaik yang inovatif dan kreatif. 

"Untuk ruang lingkup LPSN mencakup 3 bidang keilmuan, yaitu IPS, IPA dan lingkungan , serta Ilmu Budaya dan Kemanusiaan," ujarnya Kamis 23 November 2023. 

Menurutnya, tema yang diangkat dalam LPSN SMP Kabupaten Tegal tahun ini adalah 'Menuju Generasi Emas 2045 Generasi Pelajar Pancasila'. Ditegaskan peserta sempat dilibatkan dalam pelatihan  penulisan karya ilmiah, sebelum mendaftarkan lomba penelitian. 

BACA JUGA:Disdikbud Gelar Monev Survei Lingkungan Belajar Sulingjar di TK Pembina Tarub

"Setelah itu digelar masa penelitian yang dirangkai dengan pengiriman hasil penelitian serta karya tulis ke pihak panitia. Dan panitia menggelar seleksi naskah yang baru diselesaikan 18 November 2023," cetusnya.

Winarto menyatakan, pengumuman seleksi sekaligus pengumuman 5 besar yang diharuskan tampil untuk mempresentasikan hasil karya cipta di tahap I. 

"Dan diseleksi tahap II presentasi lomba dilanjut dengan pengumuman pemenang hari yang dilaksanakan hari ini," ungkapnya. 

Ditegaskan bahwa LPSN SMP Kabupaten Tegal merupakan kegiatan ekstra kulikuler yang diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu remaja siswa SMP melalui kreativitas dan daya cipta mereka.

BACA JUGA:64 Pelajar Adu Piawai Dalam Lomba Puisi Tegalan Tingkat SMP Disdikbud Kabupaten Tegal

"Kegiatan ini juga sebagai upaya memantapkan implementasi kurikulum merdeka, guna meningkatkan mutu pendidikan  nasional," tegasnya. 

Adapun juara LPSN SMP Kabupaten Tegal 2023 adalah, juara I tim SMPN 2 Kramat dengan raihan point 89,55. Juara II, SMPN 1 Suradadi dengan raihan point 89,25. Juara III, SMPN 2 Bojong dengan point 88,60. (adv) 

 

Sumber: