Disdikbud Gelar Monev Survei Lingkungan Belajar Sulingjar di TK Pembina Tarub

Disdikbud Gelar Monev Survei Lingkungan Belajar Sulingjar di TK Pembina Tarub

Kasi PAUD Disdikbud Kabupaten Tegal lakukan Monev Survei Lingkungan Belajar di TK Pembina Tarub.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL -  Monitoring dan Evaluasi (Monev) Survei Lingkungan Sekolah dilakukan Disdikbud Kabupaten Tegal. Kali ini TK Pembina Tarub menjadi sasarannya.

Kepala Disdikbud Kabupaten Tegal Fakihurochim SSos MM melalui Kasi PAUD, Ibnu Khahim menyatakan, monev pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) kali ini mengharuskan kepala sekolah dan seluruh guru mengisi instrumen Sulingjar sesuai dengan kondisi yang ada.

"Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan. Sulingjar bertujuan untuk mengukur aspek-aspek lingkungan satuan pendidikan (input dan proses belajar-mengajar) yang berdampak pada proses dan hasil belajar peserta didik. Pertanyaan dalam Instrumen Sulingjar akan disesuaikan dengan perspektif masing-masing responden," ujarnya Rabu 22 November 2023. 

Menurutnya  jadwal pelaksanaan Sulingjar untuk guru dan kepala sekolah lebih fleksibel dan diberikan alokasi waktu yang lebih panjang (± dua minggu). Dengan mekanisme pengerjaan secara daring tanpa pengawasan dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang terdapat akses internet.

BACA JUGA:64 Pelajar Adu Piawai Dalam Lomba Puisi Tegalan Tingkat SMP Disdikbud Kabupaten Tegal

"Partisipasi setiap guru dan kepala sekolah di dalam Sulingjar tersebut akan mempengaruhi akurasi gambaran umum iklim belajar dan iklim satuan pendidikan. Hasil Sulingjar akan dilaporkan sebagai hasil satuan pendidikan dan tidak dilaporkan sebagai hasil individu guru dan kepala sekolah," cetusnya.

Terpisah Kepala TK Pembina Tarub, Dwi Windi Estika Sari SPd AUD menyatakan, jumlah guru di TK Negeri Pembina Tarub sebanyak 11 guru, dan semuanya sudah tuntas menyelesaikan Sulingjar. 

"Sulingjar merupakan salah satu evaluasi internal lembaga. Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah salah satu bentuk evaluasi internal satuan pendidikan yang mengukur kualitas pembelajaran dan iklim satuan yang menunjang pembelajaran pada satuan PAUD," ungkapnya. 

Menurutnya, Sulingjar PAUD adalah survei yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas layanan PAUD sebagai bagian dari evaluasi sistem pendidikan. 

BACA JUGA:Disdikbud Kabupaten Tegal Optimalkan Inovasi Pendidikan Melalui Desk Pendampingan

"Hasil Sulingjar PAUD akan diolah oleh Kemendikbudristek agar satuan PAUD mendapatkan data yang terorganisir dalam bentuk Profil Pendidikan sehingga memudahkan satuan PAUD dalam melakukan perencanaan dalam bentuk Perencanaan Berbasis Data," tegasnya. (adv) 

Sumber: