Kenalin Nih 'Simpel Jago', Aplikasi Pengelolaan Kinerja yang Baru Diluncurkan Dinarpus Brebes

Kenalin Nih 'Simpel Jago', Aplikasi Pengelolaan Kinerja yang Baru Diluncurkan Dinarpus Brebes

Aplikasi Simpel Jago diluncurkan oleh Dinarpus Kabupaten Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL -Guna memperlancar pelaksanaan tugas pengelolaan laporan kinerja di Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Brebes, aplikasi Sistem Pengelolaan Laporan Kinerja Organisasi Online (Simpel Jago) diluncurkan. Aplikasi itu diluncurkan oleh Kepala Dinarpus melalui Sekretaris Dinarpus Kabupaten Brebes Hendri Adi Komara.

Menurut Hendri, aplikasi yang baru diluncurkan itu bakal meningkatkan efektivitas pengelolaan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah terutama Laporan Kinerja Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes sesuai dengan target yang telah ditetapkan di RENJA dan DPA. Sehingga lebih terorganisir, tepat waktu, terarsip dan dapat diakses lebih mudah. 

"Adanya aplikasi Simpel Jago ini nantinya kami harapkan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah terutama Laporan Kinerja Dinarpus," ujarnya. 

Inovator Simpel Jago yang juga Kasubag Program dan Keuangan Dinarpus Brebes Nuraini Pujiastuti menyampaikan, kalau laporan kinerja menggambarkan sasaran, target dan realisasi atas indikator kinerja yang sudah ditetapkan di Renstra Organisasi.

BACA JUGA:Pemkab Brebes Beri Penghargaan dalam Penurunan Kemiskinan dan Stunting

Ada tiga komponan dalam penyusunan laporan kinerja. Yaitu, Rencana strategis organisasi, Rencana Kinerja dan Pengukuran kinerja, baik pengukuran kinerja kegiatan maupun pengukuran kinerja sasaran. 

Tujuan dari Laporan Kinerja Organisasi adalah untuk menggambarkan penerapan Rencana Strategis (Renstra) dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi di Dinarpus Kabupaten Brebes. 

"Kita tahu laporan kinerja merupakan dasar dan bahan untuk penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) yang harus disusun setiap tahunnya dan dilaporkan sebagai bagian dari laporan SAKIP Dinarpus Kabupaten Brebes," imbuhnya.

Menurutnya, dengan data yang valid dan terorganisir diharapkan LKJIP Dinarpus Kabupaten Brebes dapat menggambarkan keadaan yang nyata kinerja organisasi sekaligus akuntabilitas kinerja di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes. (*)

Sumber: