Berkeliaran di Wilayah Perkotaan Brebes, Dinsos dan Satpol PP Razia ODGJ

Berkeliaran di Wilayah Perkotaan Brebes, Dinsos dan Satpol PP Razia ODGJ

Tim gabungan Dinsos dan Satpol PP saat melakukan razia ODGJ di wilayah perkotaan.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Berkeliaran di wilayah perkotaan, petugas gabungan Satpol PP dan Dinsos Kabupaten Brebes melakukan razia orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), Selasa 22 November 2023. Sejumlah titik di wilayah perkotaan tidak luput dari kegiatan razia yang dilakukan tim gabungan.

Sejumlah titik yang dirazia yakni di tempat-tempat keramaian yang ada di fasilitas umum. Meskipun kesusahan saat mengevakuasi, petugas akhirnya berhasil mengevakuasi sejumlah ODGJ.

Kepala Dinsos Brebes Masfuri melalui petugas Dinsos Redi Apriandi kepada wartawan menyampaikan, razia di sejumlah titik di wilayah perkotaan Brebes tidak lain untuk membuat nyaman masyarakat setempat. Sejumlah tempat yang dilakukan penyisiran ODGJ yakni komplek Pasar Induk, sekitar alun-alun, pantura hingga ke jalan arah menuju Jatibarang.

"Razia ini dilakukan untuk membuat kenyamanan masyarakat di Kabupaten Brebes. Sehingga, tadi beberapa ODGJ berhasil kami evakusi," ujarnya.

BACA JUGA:Terekam CCTV, Pria Diduga ODGJ di Brebes Viral usai Panjat Pagar dan Ambil Baju Dalam Perempuan

Redi menjelaskan, sejumlah masyarakat resah akan keberadaan sejumlah ODGJ di wilayah perkotaan. Sebab, masyarakat khawatir karena kerap kali mengamuk. Meski belum ada yang mengancam jiwa, tetapi ini perlu diantisipasi.

"Bagi ODGJ dan orang terlantar kita tempatkan di rumah singgah. Kita suruh mandi, kita beri makan, hingga pakaian. Tujuan hanya satu, yakni membuat rasa nyaman di masyarakat," pungkasnya. (*)

Sumber: