Misteri Mitos Relief Kamadhatu di Candi Borobudur yang Sengaja Ditimbun, Benarkah Menyimpan Propaganda?

Misteri Mitos Relief Kamadhatu di Candi Borobudur yang Sengaja Ditimbun, Benarkah Menyimpan Propaganda?

Misteri dari Mitos Relief Kamadhatu di Candi Borobudur Kenapa Sengaja Ditimbun, Apakah Menyimpan Propaganda?--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial Universitas Indonesia Edi Sedyawati semasa hidupnya mengatakan bahwa gambaran vulgar pada relief kamadhatu adalah gambaran umat manusia sebelum beradab.

BACA JUGA:Selain Indah, Ternyata 3 Destinasi Wisata di Guci Kabupaten Tegal Ini Miliki Mitos yang Jarang Diketahui

Namun perihal alasan mengapa relief kamadhatu ditimbun tanah masih belum terpecahkan hingga sekarang. Ada yang mengatakan bahwa relief tersebut sengaja ditimbun tanah agar tidak dilihat orang umum, ada juga yang mengatakan jika relief tersebut ditimbun tanah untuk menjaga pondasi candi Borobudur tetap stabil.

Mitos Relief Kamadhatu memang menyimpan banyak misteri. Contohnya saja misteri dari alasan relief tersebut ditimbun dengan tanah, apakah kerana gambar vulgarnya tidak pantas dipertontonkan kepada publik atau memang sengaja ditimbun untuk menjaga struktur bangunan Candi Borobudur agar tetap stabil.

Dua kemungkinan tersebut menjadi kemungkinan paling tepat dari misteri tertimbunnya relief Kamadhatu.

Sedangkan untuk gambaran pada relief kamadhatu, seperti yang telah dijelaskan tadi menggambarkan perbuatan jahat yang dilakukan oleh manusia.

BACA JUGA:Inilah 5 Mitos Konsumsi Gula yang Banyak Disalah Kaprahkan Orang, Warganet: Emang Bisa Bikin Gemuk?

Nah sebagai masyarakat Indonesia yang menghormati budaya dan menjunjung tinggi nilai bangsa, marilah kita menjaga selalu penginggalan-peninggalan yang ada di Indonesia.

Akhir Kata

Segala misteri dan mitos yang ada pada suatu objek wisata tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Tugas kita saat datang ke tempat wisata tersebut, adalah menghormati dan tidak melanggar segala kepercayaan dan aturan yang ada di tempat wisata yang kita kunjungi.

Begitu juga tentang misteri mitos relief kamadhatu yang ada pada kaki Candi Borobudur. Segala aturan dan kepercayaan yang melekat padanya tidak boleh kita langgar.

Demikian informasi pada artikel ini semoga informasi yang disajikan ada manfaatnya. (*)

Sumber: