Sungai Kapuas Mitosnya Terdapat Siluman Naga Bernama Puake, Ceritanya Bikin Merinding

Sungai Kapuas Mitosnya Terdapat Siluman Naga Bernama Puake, Ceritanya Bikin Merinding

Sungai Kapuas Mitosnya Terdapat Siluman Naga Bernama Puake, Ceritanya Bikin Merinding-legenda nusantara - ilustrasi by devansp-radar tegal

RADAR TEGAL - Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Kalimantan Barat. Sungai ini memiliki panjang sekitar 1.143 kilometer dan lebar sekitar 1.500 meter.

Sungai Kapuas juga merupakan sungai yang sangat penting bagi masyarakat Kalimantan Barat, baik sebagai jalur transportasi, sumber air, maupun tempat mata pencaharian.

Di sepanjang Sungai Kapuas, terdapat banyak mitos dan legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah mitos tentang Puake, yaitu siluman naga yang dipercaya sebagai penunggu sungai.

Menurut mitos yang beredar, Puake adalah siluman naga yang memiliki ukuran sangat besar. Puake dipercaya memiliki tubuh yang berwarna merah dan memiliki tanduk yang panjang. Puake juga dipercaya memiliki kekuatan yang sangat besar dan dapat menyebabkan bencana alam, seperti banjir dan gempa bumi.

BACA JUGA:Mitos Pantai Larangan Kabupaten Tegal Konon Terdapat Sosok Putri Cantik, Mari Kita Telusuri

BACA JUGA:Mitos Waduk Cacaban Tegal yang Masih Dipercaya Masyarakat: Tumbal dan Sosok Penunggu yang Bikin Merinding

Keberadaan Puake dipercaya sejak dahulu oleh masyarakat Kalimantan Barat. Banyak cerita yang beredar tentang Puake, baik cerita yang bersifat positif maupun negatif.

 

Cerita Mitos Puake

Ada beberapa cerita positif tentang Puake yang beredar di masyarakat. Salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita tentang Puake yang membantu nelayan.

Menurut cerita tersebut, Puake pernah membantu seorang nelayan yang sedang kesulitan menangkap ikan. Nelayan tersebut kemudian memberikan sesaji kepada Puake sebagai tanda terima kasih.

Cerita positif lainnya adalah cerita tentang Puake yang melindungi masyarakat dari bahaya. Menurut cerita tersebut, Puake pernah melindungi masyarakat dari serangan musuh. Puake kemudian dijuluki sebagai pelindung Sungai Kapuas.

BACA JUGA:Selain Indah, Ternyata 3 Destinasi Wisata di Guci Kabupaten Tegal Ini Miliki Mitos yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Mitos Ramalan Prabu Jayabaya Tentang Satria Piningit, Sosok yang Bakal Ubah Nasib Bangsa

Sumber: