Manjakan Pengunjung, Wahana di OW Guci Kabupaten Tegal Terus Berinovasi dan Semakin Lengkap

Manjakan Pengunjung, Wahana di OW Guci Kabupaten Tegal Terus Berinovasi dan Semakin Lengkap

DUDUK - Sejumlah pengunjung tampak duduk santai di kawasan Obyek Wisata Guci Bumijawa Kabupaten Tegal.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Terus berinovasi dan semakin lengkap, Obyek Wisata (OW) Pemandian Air Panas Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal berusaha memanjakan pengunjungnya. Saat ini, jumlah wahana di Guci sudah semakin banyak.

Setiap tahun pengusaha wahana swasta selalu berinovasi untuk memanjakan para pengunjung OW Guci Kabupaten Tegal. Sehingga wahana di sana sekarang semakin lengkap.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni melalui Kepala Bidang Pariwisata Joko Sunarto mengatakan, OW Guci Kabupaten Tegal memang selalu menarik minat wisatawan dari berbagai kalangan. Termasuk wisatawan dari mancanegara. 

Dengan fasilitas akomodasi penginapan yang memadai seperti villa hingga hotel bintang lima, pengunjung di OW Guci Kabupaten Tegal juga dapat menikmati sajian kuliner khas seperti sate kelinci, jagung bakar, dan bakwan wortel.

BACA JUGA:Gowes Semarang - Guci Tegal Sepanjang 198 KM, Sekda Promosi Wisata Jateng

Sementara, saat ditanya soal produk unggulannya, Joko mengatakan wisatawan OW Guci Kabupaten Tegal banyak yang membeli oleh-oleh sayuran dan manisan buah yang dijual di pasar agrowisata Guci. Untuk wahana, selain pemandian air panas Pancuran Lima yang dikelola Pemkab Tegal, terdapat pula wahana rekreasi keluarga milik swasta yang menawarkan aneka daya tariknya.

Seperti Guci Forest, Golden Park, Taman The Geong, Baron Hill, Guciku, Rindu Alam, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Selain itu, sejumlah event seni budaya pun kerap digelar di Guci. Di antaranya, sedekah bumi Guci, coffee expo hingga event olahraga kompetisi Guci Jungle Run.

“Kita juga punya wisata adventure Jeep offroad yang rutenya masuk kawasan hutan. Dimulai dari pertigaan ke arah pemandian Guciku sampai ke jalur pendakian Gunung Slamet Permadi. Jalurnya sangat menantang dan pastinya seru, silakan dicoba,” kata Joko, belum lama ini.

BACA JUGA:Izin Jembatan Kaca The Geong Guci Tegal Belum Lengkap, Komisi IV DPRD: Secepatnya Harus Dilengkapi

Joko mengakui, jumlah wisatawan OW Guci Kabupaten Tegal memang sempat mengalami penurunan saat pandemi Covid-19. Pada tahun 2019 lalu, jumlah pengunjung Guci mencapai 948.138 orang. 

Namun saat pandemi, jumlahnya berkurang menjadi 372.756 orang. Tepatnya pada tahun 2020.

Sedangkan di tahun 2021, jumlahnya meningkat menjadi 395.803 orang. Sementara di tahun 2022, jumlahnya mulai naik menjadi 724.358 orang.

“Jumlah wisatawan Guci yang tercatat tahun 2023 ini sampai dengan akhir September lalu mencapai 446.843 orang. Selain libur Lebaran, kita ada peak season yaitu libur Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Sumber: