Jika DC Pinjol Mulai Spam Telepon Anda, Begini Cara Penangkal Jitu yang Bisa Anda Lakukan

Jika DC Pinjol Mulai Spam Telepon Anda, Begini Cara Penangkal Jitu yang Bisa Anda Lakukan

DC Pinjol Spam Telfon? Ini Cara Bijak yang Harus Anda Lakukan-ekonomi-radar tegal

RADAR TEGAL - Pinjaman online (pinjol) merupakan salah satu alternatif pendanaan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, tidak jarang pinjaman online justru menimbulkan masalah baru, salah satunya adalah spam telepon dari debt collector atau DC pinjol.

Spam telepon dari DC pinjol dapat menimbulkan berbagai gangguan dan bahkan trauma bagi nasabah. DC pinjol seringkali menggunakan bahasa yang kasar dan intimidatif, bahkan ada yang sampai mengancam nasabah.

Padahal, menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, DC pinjol hanya boleh menagih utang secara sopan dan santun.

DC pinjol juga dilarang menggunakan bahasa yang bersifat mengancam, intimidatif, atau mengandung unsur SARA.

BACA JUGA:DC Pinjol Tak Boleh Tagih Utang Lewat dari Pukul 19.00, Nasabah Galbay Bisa Tidur Nyenyak

BACA JUGA:Waspadai Kejahatan DC Pinjol Bodong Bawa Surat Penagihan Palsu, Ini Ciri-ciri yang Harus Anda Pahami Betul

Oleh karena itu, penting bagi nasabah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mendapat spam telepon dari DC pinjol.

Cafa menghindari spam telepon dari DC Pinjol

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Tetap Tenang dan Tidak Terpancing

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mendapat spam telepon dari DC pinjol adalah tetap tenang dan tidak terpancing. Jangan sampai Anda menanggapi dengan emosi, karena hal ini justru akan membuat DC pinjol semakin agresif.

2. Tanyakan Identitas DC

Jika Anda merasa terganggu dengan spam telepon dari DC pinjol, Anda dapat menanyakan identitas DC tersebut. Pastikan bahwa DC tersebut benar-benar mewakili perusahaan pinjol yang Anda pinjam.

3. Minta Bukti Utang

Sumber: