5 Fakta yang Tersimpan Mengenai Pinjaman Online Legal Dan Ilegal

5 Fakta yang Tersimpan Mengenai Pinjaman Online Legal Dan Ilegal

Fakta mengenai pinjol legal dan ilegal (foto: pixabay)--

RADAR TEGAL - Pinjaman online atau pinjol kian merajalela karena semakin banyak orang yang menggunakannya. Namun semenjak adanya pinjol memang orang - orang banyak yang terbantu untuk meminjam uang.

Alih - alih meminjam pada kerabat atau sanak saudara, lebih baik meminjam melalui pinjaman online saja karena cepat dan mudah. Yup, adanya pinjol dikatakan memang menjadi sebuah sarana kemudahan karena bisa memberikan pinjaman dengan cepat serta proses tidak bertele - tele.

Bahkan calon debitur hanya membutuhkan gadget saja untuk proses pengajuannya. Tapi dibalik itu, kalian perlu mengetahui apa saja fakta yang tersimpan mengenai pinjaman online legal dan ilegal ini.

Apa kalian sudah penasaran apa saja fakta mengenai legalitas dari pinjol - pinjol ini? Yuk tak usah berlama - lama lagi, kita simak bareng dalam artikel RADAR TEGAL di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Pinjol dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia, Capai Rp4,43 Triliun Tahun Ini

Fakta tentang pinjol

1. Pakai platform pinjol legal karena aman

Faktanya konon pinjaman online dengan platform legal justru lebih aman dibandingkan dengan pinjol ilegal. Hal tersebut dikarenakan pinjol legal sudah terdaftar dan diawasi oleh otoritas jasa keuangan atau ojk.

Sehingga data kalian pasti aman dan terjaga, serta terhindar dari yang namanya pencurian data. OJK ini bertugas memang untuk mengamankan dan menjaga data - data kalian sebagai peminjam.

Dalam aturan yang diterbitkan oleh Kominfo juga dikatakan bahwasannya OJK akan merahasiakan sekaligus tidak akan mempublikasi data kalian. Jadi tidak usah khawatir lagi jika kalian ingin menggunakan pinjol legal.

2. Pencurian data dengan platform pinjaman online ilegal

Kedua, fakta yang harus kalian ketahui adalah perihal pinjaman online ilegal. Pinjol dengan kategori ini diketahui tidak terdaftar dalam otoritas jasa keuangan atau ojk, sehingga keamanannya perlu dipertanyakan.

BACA JUGA: Cara Melepaskan Diri dari Jeratan Pinjol Ilegal, Salah Satunya Gak Usah Dibayar

Konon meminjam menggunakan platform ilegal ini dikatakan banyak sekali terjadi pencurian datanya. Jadi sangat banyak risiko yang akan kalian hadapi jika coba - coba mengajukan pinjaman dengan platform pinjol ilegal ini.

Sumber: