Mengupas Mitos Bulan November, Khususnya Hari Jumat Kliwon yang Dikaitkan dengan Hal Spiritual

Mengupas Mitos Bulan November, Khususnya Hari Jumat Kliwon yang Dikaitkan dengan Hal Spiritual

Mengupas Mitos Bulan November, Khususnya Hari Jumat Kliwon yang Dikaitkan dengan Kegiataan Spiritual--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Bulan November ini akan berlangsung selama 30 hari. Artikel ini akan berisi pembahasan seputar mitos bulan November.

Jumat Kliwon bulan November, sebenarnya sama seperti hari Jumat Kliwon di bulan lainnya. Namun mitos bulan November kali ini akan sedikit berbeda.

Mitos bulan November kali ini akan dikaitkan dengan banyaknyai warganet yang mencari-cari kapan datangnya hari Jumat Kliwon di bulan November.

Memang mitos bulan November sangat jarang sekali terdengar. Namun mencari tanggal pasti datangnya hari Jumat Kliwon pada setiap bulan tidak ada salahnya.

BACA JUGA:Kupas Tuntas Mitos Makam Mbah Maya Tenjo yang Ditakuti Pejabat, Benarkah Jabatannya Bisa Lengser?

Mengingat hari Jumat Kliwon adalah hari yang istimewa bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat suku Jawa. Lalu mengapa banyak sekali orang yang beranggapan kalau hari Jumat Kliwon adalah harinya untuk melakukan kegiatan spiritual.

Setidaknya ada beberapa faktor yang menjadikan hari Jumat Kliwon begitu dipercayai masyarakat sebagai harinya untuk kegiatan spiritual. Antara lain:

  • Kepercayaan masyarakat Jawa
  • Tradisi hingga budaya yang melekat
  • Doa
  • Praktik spiritual itu sendiri seperi: semedi dan ritual.

Mitos bulan November di hari jumat kliwon

Lalu apa saja mitos yang ada di bulan November tepatnya pada hari Jumat Kliwon-nya. Banyak yang mengatakan jika hari Jumat Kliwon memang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan ziarah ke makam leluhur, keluarga, sesepuh, guru, hingga makam para wali.

Adapun mitos hari Jumat yang berkembang di kalangan masyarakat Tanah Air adalah hari Jumat Kliwon adalah hari dimana akan keluar makhluk halus/tahayul pada malam hari. Oleh karena itu, umumnya pada malam hari Jumat Kliwon masyarakat enggan untuk keluar rumah pada saat malam hari, takut diganggu makhluk halus.

BACA JUGA:Penjual Nasi di Kaki Gunung Slamet Tegal Ini Mitosnya Tak Akan Kaya, Gara-gara Ganggu Tirakat Sesepuh Desa

Adapula orang yang menyebutkan bahwa hari jumat kliwon adalah hari yang pas untuk melakukan kegiatan spiritual atau hal mistis.

Disebutkan bahwa praktik-praktik tersebut melibatkan energi mistis yang tidak bisa dilihat oleh orang biasa hanya orang spesial saja yang bisa melihatnya.

Mitos lain dari hari jumat kliwon di bulan November, adalah mandi kembang, sebuah mandi yang dilakukan tepat pada malam hari jumat kliwon dengan daun kembang tertentu.

Sumber: